Perkuat Persatuan dan Asah Kreativitas, Kominfo Ajak Anak Muda Papua & Malang Jalin Kolaborasi

Kolaborasi yang terjalin antara anak-anak muda Papua dan Malang bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, hingga mengasah produktivitas serta kreatifitas anak muda.

oleh Gilar Ramdhani pada 26 Okt 2023, 10:37 WIB
Diperbarui 26 Okt 2023, 10:37 WIB
Tingkatkan Persatuan, Kominfo Ajak Kolaborasi Anak Muda Papua dan Malang
Forum Diskusi Publik “Papua Produktif Kolaborasi Malang Kreatif” di Bento Cafe Malang, Rabu (25/10).

Liputan6.com, Malang Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak muda sekarang termasuk generasi yang cepat membuat perubahan. Salah satu faktor adalah mereka hidup di era perkembangan teknologi digital yang pesat. 

Untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menanamkan nilai-nilai nasionalisme, dan mengasah produktivitas serta kreatifitas anak-anak muda Indonesia, khususnya anak muda Papua di berbagai daerah di Indonesia, Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Kominfo menyelenggarakan Forum Diskusi Publik “Papua Produktif Kolaborasi Malang Kreatif” yang bertempat di Bento Cafe Malang, Jawa Timur pada, Rabu (25/10). 

Dalam kesempatan ini, Dikdik Sadaka, Ketua Tim Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan Ditjen IKP Kominfo mengajak anak muda di Kabupaten Malang berkolaborasi dengan anak-anak muda Papua.

Ia menyakini bahwa anak muda sekarang adalah generasi yang cepat membuat perubahan. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi lintas daerah sebagai sesama anak bangsa guna menjaga keutuhan NKRI.

“Dunia kreatif dan pemuda yang produktif adalah kunci anak muda zaman sekarang. Pemuda Papua kita collab-kan dengan pemuda di Malang agar bisa saling mendukung dan berkreasi untuk memberikan hal-hal positif untuk NKRI” ujarnya.

Forum Diskusi Publik “Papua Produktif Kolaborasi Malang Kreatif” menghadirkan seniman tanah air asal Papua, Michael Jakarimilena dan atlet muda Papua di Surabaya, Serafi Unani. Kedua berbagi cerita seputar peran kolaborasi dan kehadiran orang-orang di sekitar dalam mendukung karirnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Kolaborasi Lintas Anak Muda

Michael Jakarimilena mengatakan bahwa kolaborasi lintas anak muda justru yang paling mendukung dia dalam perjalanan kariernya. Menurut, kehidupan anak muda jangan terlalu mengkotak-kotakkan orang dan terima siapapun yang berteman dengan kita karena kita tidak akan pernah tahu siapa yang mendukung kita.

“Teman-teman saya lintas suku sewaktu muda di Surabaya dulu justru yang paling mendukung saya dalam mendukung karier awal saya di ajang pencarian bakat” ujarnya

Selain itu, ia menekankan bahwa sampai berkarier di Jakarta sekarang pun ia tetap bangga menjadi orang Papua tetapi tidak menampik yang melengkapi hidupnya adalah orang-orang berbagai suku di Indonesia.


Kolaborasi Bikin Anak Muda Cepat Berkembang

Senada dengan Michael, Serafi Unani mengatakan bahwa kolaborasi seperti ini menjadikan anak muda cepat berkembang.

Ia menceritakan bagaimana berkolaborasi saat di timnas bertemu dengan semua orang dari Sabang sampai Merauke dan meruntuhkan ego masing-masing untuk saling melengkapi. 

“Dengan berkolaborasi kita bisa menciptakan sesuatu yang baik dan positif. Mungkin tidak akan ada Serafi yang sekarang kalau saya dari dahulu tidak pernah menghargai perbedaan,” ujarnya.

Acara ini dihadiri sebanyak 250 orang mahasiswa Papua dan Malang di Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan secara roadshow di berbagai kota guna meningkatkan produktifitas dan kreatifitas anak muda, khususnya anak muda Papua di berbagai daerah di Indonesia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya