Momen Jokowi Makan Siang Nasi Kotak Bareng Buruh Pabrik di Sidoarjo

Jokowi menyantap makan siang nasi kotak dengan menu yang sama bersama para karyawan atau buruh pabrik PT Maspion Unit I di Sidoarjo, Jawa Timur.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Des 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 27 Des 2023, 19:40 WIB
Presiden Jokowi Makan Siang Nasi Kotak Bareng Buruh Pabrik di Sidoarjo
Presiden Jokowi makan siang nasi kotak bareng buruh pabrik PT Maspion Unit I di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 27 Desember 2023. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Pabrik PT Maspion Unit I, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12/20223). Kedatangan Jokowi disambut oleh para buruh pabrik dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Jokowi tampak duduk di hadapan para buruh pabrik, menyantap hidangan makan siang berupa nasi kotak dengan lauk ayam suir bumbu merah, sambal goreng kentang, telur bacem, dan oseng sayur.

Sebelum memulai makan siang, Jokowi tampak menghampiri sejumlah karyawan atau buruh di hadapannya dan memastikan menu makan siang mereka.

"Lauk makan siangnya apa?" tanya Jokowi kepada para pekerja PT Maspion, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (27/12/2023).

Para karyawan pun mengangkat nasi kotak yang memiliki lauk serupa dan menunjukkannya kepada Jokowi. Dia pun kembali ke tempat duduk dan mempersilakan para karyawan untuk menyantap hidangan makan siang bersama-sama.

Desiana, salah satu karyawan pabrik yang hadir menyampaikan bahwa dirinya merasa senang mendapatkan kesempatan makan siang bersama Jokowi. "Senang banget, tadinya memang laper ya, tapi pas lihat Presiden datang sudah kenyang, tapi lebih kenyang lagi pas sudah makan," ujar Desiana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Santap Makanan yang Sama

Desiana juga menceritakan bahwa lauk nasi kotak yang disantap oleh dirinya dan karyawan lainnya sama dengan apa yang juga disantap Jokowi.

"Tadi lauknya telur sama ayam suir, (Presiden) juga sama sepertinya lauknya tadi dilihat juga," tuturnya.

Lebih lanjut, Desiana berharap agar pemerintah dapat mendorong penggunaan produksi dalam negeri dan meningkatkan sektor perdagangan nasional di masa mendatang.

"Saya harap Pak Presiden bisa meningkatkan lagi perdagangan di Indonesia, terutama ekspor impor," ucap dia.


Zulhas dan Jokowi Duduk Semobil

Zulhas dan Jokowi Duduk Semobil
Momen Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama Presiden Jokowi di dalam Mobil RI 1. (Foto: Istimewa)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan agenda kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Banyuwangi dan Surabaya, Jawa Timur. Saat tiba di Banyuwangi menggunakan pesawat Kepresidenan Republik Indonesia, Jokowi disambut dengan iringan musik hadrah di bandara.

Rangkaian kunjungan ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, seperti Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Berdasarkan video yang diterima Liputan6.com, terlihat suasana yang penuh kehangatan saat Jokowi bersama Mendag Zulhas masuk ke dalam mobil RI 1. Keduanya tampak serasi mengenakan pakaian kemeja putih dan celana bahan hitam. 

“Betapa cintanya rakyat terhadap rakyat Indonesia kepada presiden kita Pak Jokowi. Saya mendampingi beliau di Banyuwangi, luar biasa kecintaan rakyat kepada presiden kita,” kata Zulhas, Rabu (27/12/2023). 

 


Zulhas Bacakan Surat Cinta Warga untuk Jokowi

Sebuah momen menarik juga terlihat ketika Zulhas menunjukkan surat cinta dari warga kepada Jokowi. Zulhas dengan antusias membacakan isi surat tersebut yang berisi ungkapan cinta dan terima kasih dari masyarakat.

“Ini ada tulisan (dari warga) ‘I love you pak Jokowi terima kasih untuk semua pengorbananmu. Kami sayang Pak Jokowi. Semoga pak Jokowi sehat dan bahagia selalu. I love you dari Mikhayla dan Glen’,” ujar Zulkifli Hasan saat membacakan surat dari warga. 

Sambil tersenyum hangat, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada warga Banyuwangi dan seluruh warga Indonesia. 

“Terima kasih pak dari masyarakat Banyuwangi dan seluruh Indonesia. Alhamdulillah doa kami semua untuk bapak semoga sehat selalu, terima kasih,” ujar Zulhas ke Jokowi. 

Suasana kebersamaan dan apresiasi tergambar jelas dalam momen tersebut, menciptakan kesan positif dalam kunjungan kerja ini.

“Terima kasih,” ungkap Jokowi.

Infografis Tangkapan Kode dan Cerita di Balik Dasi Kuning Jokowi
Infografis Tangkapan Kode dan Cerita di Balik Dasi Kuning Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya