Ganjar Pranowo: PDIP Jadi Harapan Perjuangan Wong Cilik di Pemilu

Ganjar Pranowo menyampaikan harapan rakyat saat berpidato di acara HUT ke-51 PDIP. Harapan-harapan itu ia dapatkan selama blusukan ke sejumlah wilayah Indonesia untuk mendengarkan langsung aspirasi wong cilik di Pemilu 2024.

oleh Nafiysul QodarDelvira Hutabarat diperbarui 10 Jan 2024, 12:36 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2024, 12:36 WIB
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menghadiri dan memberikan pidato saat acara HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).
Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menghadiri dan memberikan pidato saat acara HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menghadiri langsung acara Hari Ulang Tahun ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (HUT PDIP) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Dalam sambutannya, Ganjar mengaku telah menyerap aspirasi rakyat di sejumlah wilayah Indonesia. Dia menyebut bahwa PDIP menjadi harapan rakyat kecil untuk memperjuangkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

"Ibu (Megawati), inilah bonding kita pada hari ini, dan Pemilu adalah sebuah harapan perjuangan perubahan, dan PDIP menjadi harapan untuk memperjuangkan wong cilik, nasib marhaein, agar kita semuanya nanti bisa betul-betul kemenangan itu diartikan harapan mereka akan terwujud," ujarnya.

Ganjar menuturkan, harapan itulah yang selama ini dirasakan para kader PDIP yang selalu diperintahkan agar senantiasa mendengarkan dan bersama rakyat dalam setiap denyut nadi, jantung, dan tarikan napas mereka.

"Ibu, kami bangga jadi bagian PDIP. Ini menjadi semangat kita untuk bisa mengerti harapan-harapan besar. Mereka berharap kami akan memenangkan, lakukan keputusan yang baik, layani kami, dan jangan korupsi. Itulah tanda yang selalu muncul," ucapnya.

"Selamat ulang tahun untuk PDIP. Merdeka!!!" teriak Ganjar Pranowo mengakhiri pidatonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berjas Merah, Ganjar Hadiri HUT PDIP

Ganjar Pranowo
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menghadiri HUT ke-51 PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). Ganjar tampak mengenakan jas PDI Perjuangan berwarna merah. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo hadir di acara perayaan HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu hadir sekitar pukul 10.08 WIB menggunakan jas merah. Ganjar hanya melambai kepada awak media, kemudian beranjak ke ruangan aula Sekolah Partai PDIP, tempat perayaan HUT PDIP digelar.

Sebelumnya, Selasa 9 Januari 2024, Ganjar berada di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah untuk melakukan kampanye Pemilu 2024.

Di Cilacap, Ganjar menemui nelayan dan Banyumas berdialog dengan Asosiasi Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebagai informasi, berdasarkan keterangan Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, partainya memperingati HUT ke-51 dengan sederhana, khidmat, dan dilaksanakan secara hybrid.

“Kesatupaduan dengan akar rumput menjadi ciri utama rangkaian HUT. Pembukaan dilakukan jam 10.00 WIB di Sekolah Partai dan dilanjutkan dengan syukuran di RT/RW secara serentak pada jam 16.00 WIB. Kegiatan di akar rumput ini menegaskan bahwa persatuan dengan rakyat merupakan kekuatan inti partai, bukan elit,” ungkap dia.


Ganjar Akan Lanjutkan Kampanye di Jateng

Ganjar Pranowo dan Petani Sragen Jateng
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyerap aspirasi rakyat dengan menginap di rumah warga di Sragen, Jawa Tengah (Jateng). Dalam kesempatan itu, Ganjar menerima curhatan dari para petani setempat terkait persoalan pupuk dan irigasi. (Foto: Tim Ganjar Pranowo)

Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan melanjutkan safari kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Untuk hari ini, Rabu (10/2/2024), Ganjar terlebih dulu kembali ke Jakarta untuk menghadiri Hari Ulang Tahun ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (HUT PDIP) di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sebelum kembali ke Jateng dan blusukan ke rumah warga.

Berdasarkan agenda kampanye yang diterima Liputan6.com, Ganjar dijadwalkan menghadiri HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Advertisement Masuk siang menjelang sore, dia akan bertemu dengan kelompok petani bawang di Desa Kertabesuki, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Selanjutnya, mantan Gubernur Jateng itu akan bertemu para nelayan di Desa Kaliwlingi, Brebes. Kemudian dia menghadiri pertemuan dengan TPC, caleg partai koalisi, dan relawan di kediaman Ketua DPC Brebes, Jalan Nasional 1 193-195, Pangembon, Brebes.

Pada malam hari, Ganjar dijadwalkan makan bersama buruh Brebes di Rumah Buruh Sekretariat RBSG Jagapura, Kersana, Brebes. Dilanjutkan dengan ramah tamah dengan pelaku UMKM Kebasen.

Dia pun akan bersilaturahmi di rumah warga atas nama Nuryanto di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Setelah kegiatan selesai, Ganjar akan beristirahat dan menginap di rumah warga Desa Kabunan.   

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya