Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Bupati Sleman Luncurkan Calendar of Event 2024

Peluncuran Calendar of Event 2024 resmi dilakukan oleh Bupati Sleman, Hj Kustini Sri Purnomo pada Rabu (24/01/2024) lalu, tepatnya di Atrium Rama Shinta Sleman City Hall.

oleh Wuri Anggarini pada 25 Jan 2024, 09:43 WIB
Diperbarui 25 Jan 2024, 09:46 WIB
Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Bupati Sleman Luncurkan Calendar of Event 2024
Bupati Sleman dalam peluncuran Calendar of Event 2024

Liputan6.com, Jakarta Menjadi salah satu wilayah kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata, Sleman terus melakukan berbagai upaya demi menarik kunjungan wisatawan yang datang. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Calendar of Event 2024 yang resmi dilakukan oleh Bupati Sleman, Hj Kustini Sri Purnomo pada Rabu (24/01/2024) lalu, tepatnya di Atrium Rama Shinta Sleman City Hall.

Adapun momen peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gong. Event ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, SE, Asisten I Setda Kabupaten Sleman, M. Haris Martapa, SE, MT, kepala perangkat daerah se  Kabupaten Sleman, Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota se DIY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sosialisasi Event Budaya dan Pariwisata di Sleman

Dalam sambutannya Bupati Sleman Hj Kustini Sri Purnomo menegaskan bahwa Calender of Event merupakan sarana yang penting untuk mensosialisasikan event-event budaya dan pariwisata yang akan dilaksanakan selama setahun berjalan. Oleh karenanya peluncuran Calendar of Event ini harus dibarengi dengan konsekuensi yang ditanggung oleh penyelengara event.

Kualitas penyelenggaraan event akan menunjukkan kredibilitas pemerintah dan penyelenggara di mata wisatawan. Oleh karenanya penyelenggaraan event harus dipersiapkan secara profesional. Kesuksesan acara yang terdaftar dalam Calendar of Event 2024 ini akan sangat berpengaruh bagi acara-acara yang diselenggarakan di kemudian hari.

Selain itu Kustini juga mengatakan bahwa kunci utama bagi pariwisata adalah kreatifitas dan ketepatan moment. Oleh karenanya para pelaku usaha di bidang pariwisata harus mampu menangkap setiap kesempatan secara kreatif. Menarik tidak harus mahal, bahkan atraksi yang terkesan sederhana pun justru bisa menjadi sajian istimewa bagi pengunjung.


Imbau Masyarakat untuk Terus Berinovasi dalam Event Pariwisata

Kustini mengajak masyarakat untuk senantiasa berinovasi dalam menggelar event pariwisata agar lebih menarik. Diharapkan melalui kalender event pariwisata ini dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisata domestik maupun mancanegara, meningkatkan lama tinggal serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, SH dalam laporannya menjelaskan bahwa Calendar of Event (CoE) 2024 ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada wisatawan dan calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sleman terkait event yang akan terselenggara selama tahun 2024.

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Bupati Sleman Luncurkan Calendar of Event 2024
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam peluncuran Calendar of EVent 2024

Melalui peluncuran CoE ini, diharapkan dapat meningkatkan pergerakan dan belanja wisatawan di Kabupaten Sleman, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Sleman.

Pada tahun 2023, total pergerakan wisatawan di Kabupaten Sleman sebanyak 8.849.540 pergerakan, yang didominasi pergerakan wisatawan nusantara. Berdasarkan analisis belanja wisatawan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, rata-rata wisatawan nusantara membelanjakan tidak kurang dari Rp.1.370.000,00 selama kunjungannya. Sedangkan wisatawan mancanegara membelanjakan tidak kurang dari US$ 330,00 selama berada di Kabupaten Sleman.

Pergerakan wisatawan ke Kabupaten Sleman ini selain dipengaruhi pesona keindahan alam, keragaman budaya dan kehangatan warganya, juga dipengaruhi beragam event yang dilaksanakan pada tahun 2023.

Ishadi juga menyebutkan bahwa berdasarkan calendar event ini, akan ada 120 event yang akan berlangsung selama 2024. Komposisinya terdiri dari 99 event skala lokal, 12 event skala nasional dan 10 event skala internasional. Pada tahun 2024, event yang ada di Kabupaten Sleman terdiri dari 40 event MICE,  34 event festiva, 23 event budaya dan musik, 17 sport event, dan 7 event keagamaan.

Sementara itu, akan ada beberapa event yang menjadi highlight pada tahun 2024. Sebut saja Upacara Adat Labuhan Merapi yang akan dilaksanakan pada bulan Februari, Sleman Temple Run yang akan dilaksanakan pada bulan November, dan Pengembaraan Akhir Tahun (Barata) XXXIX pada bulan Desember.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya