Polisi Terapkan SOP Baru saat Contraflow Usai Kecelakaan Maut Tol Cikampek KM 58

SOP baru itu mulai dari adanya safety car yang akan melintas setiap 30 menit sekali untuk menjaga kecepatan kendaraan yang melintas di jalur contra flow maksimal 60km/jam.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 13 Apr 2024, 21:04 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2024, 21:04 WIB
H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat
Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran ini, sejumlah rekayasa lalu lintas masih diberlakukan di ruas tol trans jawa baik sistem contraflow hingga one way guna mengatasi kepadatan lalulintas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Polri telah menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) baru dalam pelaksanaan contraflow. SOP itu dilakukan sebagai hasil evaluasi pascakecelakaan maut di Tol Cikampek Km 58. 

 

“Jadi pemberlakuan contra flow pasca kejadian 58 (kecelakaan Gran Max), kita sudah evaluasi. Sudah ada SOP baru,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan kepada wartawan di GT Kalikangkung, Sabtu (13/4).

SOP baru itu mulai dari adanya safety car yang akan melintas setiap 30 menit sekali untuk menjaga kecepatan kendaraan yang melintas di jalur contra flow maksimal 60km/jam.

“Pertama nanti ada safety car. Artinya setiap 30 menit itu akan dikawal, akan didahului oleh kendaraan yang mempertahankan atau mengendalikan kecepatan. Jadi tak lebih dari 60km/jam,” kata dia.

Selanjutnya penempatan con atau barier yang saat ini lebih rapat dari sebelumnya 30 meter kini menjadi menjadi 10 meter. Dengan jarak 2,5 km akan kembali dirapatkan setiap tanda pembatas tersebut.

Kemudian, polisi juga telah menyiapkan kendaraan untuk pertolongan bagi para pengendara. Sehingga setiap gangguan, seperti mogok atau kecelakaan akan cepat ditangani.

“Kemudian, tiap dobrakan atau button, itu akan ditempatkan anggota itu memberikan isyarat untuk memperlambat kecepatan,” jelasnya.

“Tentu hal-hal yang perlu diperhatikan, tadi kecepatan, kecepatan jangan melebihi 60km/jam. Kemudian saat konsentrasi sudah berkurang, silahkan istirahat, jangan masuk ke contraflow,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puncak Arus Mudik

PT Jasa Marga Transjawa tol memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow
PT Jasa Marga Transjawa tol memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow yang semula dari KM 55 sekarang dari KM 47 sampai 65 satu lajur arah Cikampek sejak pukul 11.46 WIB, Kamis (11/4/2024). (Foto: tangkapan video dari PT Jasa Marga Transjawa Tol).

Adapun arus balik lebaran dimulai sejak 12 April, dengan prediksi akan mencapai puncak pada Minggu (14/4) dan Senin (15/4). Para pemudik disarankan untuk pulang lebih awal atau memundurkan jadwal keberangkatan.

Selama itu Polisi telah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas guna mencegah terjadi kemacetan, mulai dari one way dan contraflow di jalan tol.

 

Infografis Mudik Lebaran 2024, Potensi Pergerakan 193,6 Juta Orang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mudik Lebaran 2024, Potensi Pergerakan 193,6 Juta Orang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya