Megawati Banyak Melempar Senyum Saat Bertandang ke Rumah Pengasingan Bung Karno

Megawati mengawali kedatangan di lokasi dengan mengatupkan tangan, lalu menundukkan kepala kepada juru pelihara Rumah Pengasingan Bung Karno, Syafrudin.

oleh Tim News diperbarui 31 Mei 2024, 19:12 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 18:00 WIB
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (31/5/2024). (Dok. Tim PDIP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden kelima RI sekaligus Ketua Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri banyak melemparkan senyum ketika berada di Rumah Pengasingan Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (31/5/2024).

Diketahui, rumah itu menjadi tempat Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno diasingkan pemerintah kolonial Belanda dari 14 Januari 1934 sampai 18 Oktober 1938.

Megawati mengawali kedatangan di lokasi dengan mengatupkan tangan, lalu menundukkan kepala kepada juru pelihara Rumah Pengasingan Bung Karno, Syafrudin. Sambil melempar senyum, Megawati memenuhi permintaan Syafrudin untuk mengisi buku tamu.

Selanjutnya, beberapa senyum mulai terlihat saat Megawati melihat area rumah pengasingan. Misalnya, Wapres kedelapan RI itu sedang melihat barang peninggalan Bung Karno yang dipamerkan di area depan lokasi.

Megawati bahkan kembali tertawa sembari menunjukkan salinan cerita anak angkat Bung Karno, Ratna Juwami. Dalam momen lain, Megawati mengarahkan telunjuk ke sebuah artikel berita bejudul ‘Kami Sama-Sama Keras dan Manja’.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terlihat berada di dekat Megawati ketika ibunda Ketua DPP PDI Perjuangan Prananda Prabowo dan Puan Maharani itu memperlihatkan artikel. Megawati sesekali bercerita sembari menunjuk artikel, lalu melemparkan senyumnya.

Senyuman lain juga terlihat ketika Megawati duduk di kasur sembari memegang guling yang berada di ruangan yang disebut Kamar Bung Karno.

Tidak cukup di situ, Megawati juga terlihat melemparkan senyum sebelum beranjak pergi dari area Rumah Pengasingan Bung Karno. Puluhan anak-anak terlihat berebut bersalaman dengan Megawati yang diladeni Ketua Umum PDI Perjuangan itu dengan sabar.

Foto bersama tak terelakkan. Para anak-anak dengan mengacungkan tiga jari berpose bersama Megawati. Wanita kelahiran Yogyakarta itu tampak berdialog dengan seorang anak setelah momen foto bersama dilaksanakan.

"Kamu pintar ndak?" tanya Megawati kepada si anak.

Si anak yang ditanya menjawab dengan kalimat bintang tiga. Megawati pun keheranan tak tahu maksudnya.

"Apa itu bintang tiga?" tanya Megawati.

Si anak menyahut arti bintang tiga ialah pintar, lalu Megawati menyalami sang anak, kemudian mengelus kepala bocah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Salami Sejumlah Warga

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, tiba di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat siang (31/5/2024).
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, tiba di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat siang (31/5/2024). (Dok. Tim PDIP)

Megawati berikutnya meminta izin pamit dari area dalam Rumah Pengasingan Bung Karno dan sempat menyalami beberapa warga.

Dia kemudian menaiki mobil berkelir putih di luar rumah. Pintu kendaraan dibuka, sembari senyum kembali dilemparkan ke warga sekitar.

Hasto mengaku sempat diceritakan beberapa hal selama mendampingi Megawati di area dalam Rumah Pengasingan Bung Karno.

Misalnya, soal keberadaan naskah Tonil yang menjadi karya Bung Karno untuk menunjukkan seni sandiwara selama berada diasingkan di Ende.

Hasto menyebut Megawati bercerita singkat soal naskah Tonil berjudul Dokter Setan yang menyinggung upaya Belanda untuk terus mematikan Indonesia.

"Dalam sandiwara itu disusun Dokter Setan dan yang diceritakan Ibu kepada saya bagaimana Indonesia dicoba dimatikan Belanda, tetapi punya jiwa yang hidup. Itu yang digelorakan Bung Karno di Ende," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya