Transjakarta Uji Coba Angkutan Malam Hari Mikrotrans di 4 Rute Ini

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba Mikrotrans atau JakLingko untuk melayani empat rute angkutan malam hari (Amari) secara gratis selama 24 jam mulai Jumat, 31 Mei 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 01 Jun 2024, 13:01 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 13:01 WIB
Budaya Tertib Antre Para Pengguna Mikrotrans JakLingko
Para calon penumpang antre menunggu giliran untuk naik transportasi layanan angkutan umum JakLingko di Stasiun Klender Baru, Pondok Kopi, Jakarta, Senin (19/2/2024). (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba Mikrotrans atau JakLingko untuk melayani empat rute angkutan malam hari (Amari) secara gratis selama 24 jam mulai Jumat, 31 Mei 2024.

Adapun empat rute yang dimaksud ialah Kalideres-Muara Angke (JAK52), Pasar Minggu-Ciganjar (JAK47), Cililitan-Kampung Pulo (JAK75) dan Cilangkap-Cililitan (JAK36).

"Layanan mikrotrans ini akan beroperasi 24 jam di empat rute," kata Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yuza dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (1/6/2024).

Welfizon menyatakan, rute Kalideres-Muara Angke (JAK52) terdapat 70 titik perhentian. Rute Pasar Minggu-Ciganjar (JAK47) terdapat 99 titik perhentian bagi pelanggan.

Kemudian, untuk rute Cililitan-Kampung Pulo (JAK75) ada 63 titik perhentian dan rute Cilangkap-Cililitan (JAK36) ada sebanyak 84 titik perhentian.

"Empat rute Mikrotrans ini akan melayani sejumlah kawasan yang menjadi sentral keramaian. Di antaranya pasar, rumah sakit hingga pusat perbelanjaan," ucap Welfizon.

Menurut Welfizon, rute Kalideres-Muara Angke (JAK52) akan melalui Pasar Muara Angke, Pasar Muara Karang hingga Pasar Ganefo, kemudian RSUD Cengkareng, RS Ibu dan Anak Grand Family, Mall Taman Palem, Mall Daan Mogot hingga ke Terminal Kalideres.

Sedangkan rute Pasar Minggu-Ciganjar (JAK47) akan melewati Pasar Timbul Jagakarsa, Pasar Minggu, RS Marinir Cilandak, RSUD Jagakarsa, RSUD Pasar Minggu.

Selanjutnya, untuk rute JAK75 juga akan melalui Pasar Embrio dan pusat perbelanjaan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rute Lainnya

Kemudian, Mikrotrans rute Cilangkap-Cililitan (JAK36) akan melewati Pasar Kramat Jati, RS Ridwan Meuraksa, RSU Adhyaksa, Tamini Square hingga Kramat Jati Indah Plaza.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menambahkan, uji coba bakal dilakukan selama tiga bulan sebelum selanjutnya dievaluasi.

"Targetnya dalam uji coba ini ada peningkatan jumlah penumpang sebanyak lima persen dari yang ada sekarang," kata Syafrin.

Syafrin bilang, jika terjadi peningkatan jumlah penumpang melebihi lima persen, kemungkinan akan ada penambahan armada mikrotrans yang dioperasikan sebagai angkutan malam hari (Amari).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya