553 Kloter Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Arafah, Kemenag: Sesuai Jadwal

Ratusan ribu jemaah haji Indonesia telah digeser secara bertahap dari hotel di Makkah menuju tenda Arafah pada Jumat (14/6/2024). Sementara jemaah yang akan melaksanakan safari wukuf baru akan memasuki wilayah Arafah menggunakan bus pada Sabtu (15/6/2024) pukul 11.00 WAS.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Jun 2024, 13:19 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 13:18 WIB
Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah
Sebanyak 553 kloter jemaah haji Indonesia sudah tiba di Arafah untuk melaksanakan wukuf, Sabtu (15/6/2024). Wukuf di Arafah merupakan salah satu rangkaian puncak ibadah haji. (Foto: Humas Kemenag)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan bahwa pergeseran jemaah haji Indonesia dari Makkah ke Arafah sudah selesai. Selain jemaah yang mengikuti safari wukuf, semuanya kini sudah berada di Arafah.

Proses pemberangkatan dari hotel di Makkah berlangsung secara bertahap pada Jumat, 14 Juni 2024 mulai pukul 06.00 Waktu Arab Saudi. Kemenag mengatakan rampungnya pemberangkatan jemaah haji dari Makkah ke Arafah sesuai jadwal yang direncanakan.

"Alhamdulillah, pukul 03.00 waktu Arab Saudi pagi tadi, jemaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir meninggalkan Makkah menuju Arafah. Ini sesuai dengan jadwal yang kita rencanakan," kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid di Arafah, dikutip dari siaran pers, Sabtu (15/6/2024).

Rombongan terakhir yang berangkat menuju Arafah adalah bus yang membawa kelompok terbang (Kloter) 15 Embarkasi Padang (PDG-15). Mereka langsung menempati tenda yang telah disiapkan setibanya di Arafah.

"Saat ini 553 kloter sudah berada di Arafah. Mereka sudah menempati tenda masing-masing. Insya Allah besok semua akan menjalani wukuf di Arafah," ujarnya.

Sementara itu, jemaah haji yang menjalani safari wukuf baru akan diberangkatkan pada Sabtu siang waktu setempat menggunakan bus atau kendaraan khusus.

"Jemaah haji Indonesia yang akan menjalani safari wukuf baru akan diberangkatkan ke Arafah pada hari Sabtu sekitar jam 11.00 Waktu Arab Saudi," sambung Subhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jemaah Haji Diimbau Perbanyak Zikir

Jemaah Haji Indonesia Digeser ke Arafah untuk Melaksanakan Wukuf
Jemaah haji Indonesia diberangkatkan dari hotel-hotel di Makkah menuju ke Arafah untuk melaksanakan wukuf pada Sabtu (15/6/2024). Wukuf di Arafah merupakan salah satu rangkaian puncak ibadah haji. (Foto: Humas Kemenag)

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah lebih dahulu tiba di Arafah. Mereka memastikan seluruh sarana prasana siap ditempati jemaah saat puncak haji, baik tenda, kasur, pendingin udara, dapur, hingga toilet berikut airnya.

"PPIH siapkan konsumsi bagi jemaah setibanya mereka di Arafah," ucap dia Subhan.

Subhan mengimbau jemaah dapat memanfaatkan waktu selama berada di Arafah untuk memperbanyak zikir dan bermunajat.

"Haji adalah wukuf di Arafah. Ini adalah momen yang ditunggu jemaah sejak puluhan tahun mendaftar haji. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi jemaah untuk berzikir, mendekatkan diri kepada Allah, dan bermunajat," tutur Subhan.

 


Khotbah Wukuf Dibacakan Habib Ali Hasan

Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah
Sebanyak 553 kloter jemaah haji Indonesia sudah tiba di Arafah untuk melaksanakan wukuf, Sabtu (15/6/2024). Wukuf di Arafah merupakan salah satu rangkaian puncak ibadah haji. (Foto: Humas Kemenag)

PPIH Arab Saudi akan menggelar prosesi wukuf di Tenda Misi Haji Indonesia. Dalam kesempatan ini, hadir pula Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas beserta sejumlah pimpinan lembaga negara.

Adapun khutbah wukuf nantinya akan dibacakan oleh Habib Ali Hasan Al Bahar, Lc. MA.

Sementara KH Agus Ma’arif, Lc, MA akan menjadi imam Salat Zuhur dan Ashar Jamak Taqdim Qashar di Tenda Misi Haji Indonesia. Pembacaan doa akan dipimpin oleh Habib Ibrahim Lutfi bin Ahmad Al-Attas.

Infografis Alur Layanan Safari Wukuf Lansia Non-Mandiri
Infografis Alur Layanan Safari Wukuf Jemaah Haji Lansia Non-Mandiri. (Foto: Kemenag)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya