INH Bakal Bangun Kampung Indonesia di Jalur Gaza Palestina, Begini Konsepnya

INH tengah bernegosiasi dengan pemerintah Gaza untuk membangun Indocity di atas tanah seluas tiga hektare. Indocity dikonsep sebagai kawasan perumahan terpadu yang berisi mulai dari apartemen 12 lantai, hotel untuk mengakomodasi tamu, gedung sekolah, rumah ibadah, hingga pasar bergaya khas Nusantara.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 29 Jun 2024, 10:39 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 08:22 WIB
INH Bakal Bangun Kampung Indonesia di Jalur Gaza Palestina
INH meluncurkan program bantuan kemanusian untuk warga Palestina di Jalur Gaza. Gagasan baru ini bakal melahirkan kota bertajuk Indocity atau kampung Indonesia yang merupakan kawasan terpadu dengan konsep ke-Indonesiaan di Gaza. (Foto: INH)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) meluncurkan program bantuan kemanusian untuk warga Palestina di Jalur Gaza. Gagasan baru ini bakal melahirkan kota bertajuk Indocity atau kampung Indonesia yang merupakan kawasan terpadu dengan konsep ke-Indonesiaan di Gaza.

Gagasan rencana pembangunan kota ini diperkenalkan oleh Heru selaku Staf Ahli Arsitektur dan Konstruksi Bangunan dalam paparannya di Acara Kolaborasi Kemanusiaan-Bangun Gaza kembali yang digelar di Hotel Avanzel Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jumat (28/6/2026).

INH tengah bernegosiasi dengan pemerintah Gaza untuk membangun Indocity di atas tanah seluas tiga hektare. Indocity dikonsep sebagai pembangunan kawasan perumahan terpadu yang berisi mulai dari apartemen 12 lantai, hotel untuk mengakomodasi tamu, gedung sekolah, rumah ibadah, hingga pasar bergaya khas nusantara.

“Ini acara kolaborasi lembaga INH bersama tokoh nasional untuk sama-sama bicarakan tentang bentuk nyata kita terhadap tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza karena genosida hingga saat ini belum berhenti,” kata Founder INH, Muhammad Husein dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (29/6/2024).

Desain pembangunan Indocity ini akan menyasar langsung warga Palestina yang menjadi korban penyerangan militer Israel di wilayah Gaza. Ia berharap agar rencana ini mampu memperbaiki kebutuhan sosial warga Palestina yang selama ini telah direnggut haknya akibat penjajahan di abad modern.

“Jadi ini adalah seperti satu ruang tertutup saling berkaitan terdiri dari berbagai tower bangunan apartemen untuk warga Gaza yang rumahnya rusak hancur disertai dengan fasilitas umumnya. Yang itu bisa benar-benar mengisi kebutuhan sosial warga Gaza yang selama ini telah direnggut,” kata pendiri INH.

Hussein menyebut ide ini bakal disuarakan secara terus menerus terutama dalam membangun kerja sama dengan Pemerintah. INH juga berencana untuk mensosialisasikan ide ini di kota-kota lain di Tanah Air sebagai upaya dan bukti nyata kecintaan rakyat Indonesia untuk Palestina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Didukung Anggota Komisi I DPR

INH Bakal Bangun Kampung Indonesia di Jalur Gaza Palestina
INH meluncurkan program bantuan kemanusian untuk warga Palestina di Jalur Gaza. Gagasan baru ini bakal melahirkan kota bertajuk Indocity atau kampung Indonesia yang merupakan kawasan terpadu dengan konsep ke-Indonesiaan di Gaza. (Foto: INH)

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini menyambut baik ide pembangunan Indocity ini. Jazuli menilai program INH merupakan rancangan yang visioner sebagai bentuk dukungan Indonesia yang selalu bersikap mendukung kemerdekaan Palestina.

“Ini artinya INH sudah berpikir maju ke depan. INH bukan hanya membantu untuk warga Gaza sekarang tapi dalam waktu yang sama dia sudah memplanning bagaimana Gaza dibangun ke depan. Dan saya pikir pemikiran ini harus dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia, bukan hanya warganya,” kata dia.

Jazuli bahkan menyambut rencana ini dengan langsung menyumbang Rp200 juta sebagai donasi. Ia berharap proyek ini bisa diselesaikan secara bertahap sehingga bantuan kemanusiaan bisa langsung dirasakan.

“Mudah-mudahan ini bisa dicontoh dengan pejabat lain. Jangan dilihat seberapa besarnya, yang penting kita berkontribusi dan berkolaborasi untuk membantu saudara kita di Palestina,” tutupnya. 

Infografis DK PBB Loloskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DK PBB Loloskan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya