Hendropriyono Mengaku Kaget Dengar Kabar Hamzah Haz Meninggal Dunia

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono mengaku kaget dengan meninggalnya Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, Rabu (24/7/2024).

oleh Tim News diperbarui 24 Jul 2024, 14:18 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 14:00 WIB
Mantan Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) AM Hendropriyono
Mantan Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) AM Hendropriyono di rumah duka Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, Jakarta, Rabu (24/7/2024). (Foto: Merdeka.com/Rahmat Baihaqi).

Liputan6.com, Jakarta Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono mengaku kaget dengan meninggalnya Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, Rabu (24/7/2024).

Menurut dia, masih ngobrol dengan almarhum belum lama ini. Karena itu, Hendropriyono merasa sangat kehilangan.

“Saya terkejut ya. Karena kemarin kan ngobrol dan saya ikut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga terutama anak-anak, cucu. Saya sangat kehilangan,” kata dia di rumah duka, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Hendropriyano mengaku cukup mengenal sosok Hamzah Haz semenjak merintis sebagai sama-sama Komisaris di perusahaan swasta. Karir keduanya pun moncer hingga akhir menduduki kursi pemerintahan.

“Mulai sama-sama di swasta, sama-sama jadi Komisaris di suatu perusahaan. Kemudian sama-sama masuk di kabinet. Beliau jadi wakil presiden, saya menteri dan hubungan sangat dekat,” jelas dia.

Hendropriyono pun mengaku mendengar kabar Hamzah Haz sakit, meski tak menjelaskan   Lebih detail akan penyakit almarhum. Meski begitu, dia sangat mengenang akan kepribadian almarhum.

“Sebagai seorang yang sangat jujur dan selalu setia kepada kawan, baik dalam susah dan senang, terutama dikala susah, sama-sama dan tidak meninggalkan kawan, banyak yang bisa kita tiru,” tutupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz Meninggal Dunia

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, meninggal dunia pada Rabu (24/7/2024). Hamzah Haz meninggal dunia pada usia 84 tahun. Kabar duka tersebut dibenarkan politisi PPP Syaifullah Tamliha.

“Ya (meninggal dunia) di RSAPD Gatot Subroto, Jakarta Pusat,” kata Tamliha pada wartawan, Rabu (24/7/2024).

Diketahui, Hamzah Haz lahir di Kalimantan Barat, 15 Februari 1940 dan mengawali karier sebagai guru pada 1960. 

Ia juga pernah menjadi wartawan surat kabar Bebas di Pontianak hingga menjadi Pimpinan Umum Harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Terjun ke dunia politik, Hamzah Haz menjabat Wapres mendampingi Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri pada 2001-2004.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya