Infografis Bursa Kandidat Pendamping Anies Baswedan dan Survei Elektabilitas Pilkada Jakarta 2024

Selain PKB dan PKS, Partai NasDem juga mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Beberapa tokoh masuk bursa kandidat cawagub pendamping Anies.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 25 Jul 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 09:03 WIB
Banner Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Banner Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Kans Anies Baswedan bertarung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024 kian terbuka lebar dan menguat. Paling tidak saat ini ada 3 partai politik atau parpol siap mengusung mantan gubernur periode 2017-2022 tersebut kembali menduduki kursi Jakarta 1.

Selain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem juga mendukung Anies sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Ketiga parpol itu sebelumnya tergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung pasangan calon nomor 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 pada 14 Februari lalu.

Dukungan terhadap Anies sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Jakarta 2024 disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin 22 Juli 2024.

Keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. "Pilkada DKI, Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan (Anies Baswedan) sebagai calon gubernur DKI dari Partai NasDem," kata Hermawi Taslim.

Sekjen Partai NasDem itu menjelaskan, untuk bakal calon wakil gubernur atau cawagub akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan. Partai NasDem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangannya pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya.

Adapun terkait bakal cawagub yang mendampinginya, Anies mengaku tidak keberatan dengan syarat NasDem yang tidak boleh memilih dari kadernya. Dia pun memastikan akan mencari pendampingnya dengan membuka komunikasi dengan partai-partai lain yang mau bergabung di Pilkada Jakarta 2024.

Beberapa tokoh masuk bursa kandidat cawagub pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Siapa saja? Selain itu, 3 survei terkini menempatkan Anies di peringkat pertama dengan elektabilitas mengungguli sederet kandidat lainnya. Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 3 Survei Terkini Elektabilitas Kandidat Cagub Jakarta 2024

Infografis 3 Survei Terkini Elektabilitas Kandidat Cagub Jakarta 2024
Infografis 3 Survei Terkini Elektabilitas Kandidat Cagub Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya