Kapolri Mutasi Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Ditugaskan di Kemendag

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dimutasi menjadi Pati Itwasum Polri penugasan pada Kementerian Perdagangan. Ahmad Luthfi yang segera memasuki masa pensiun dari Polri ini juga tengah diusung sejumlah parpol untuk maju di Pilgub Jateng 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 27 Jul 2024, 14:55 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 14:55 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menerima penghargaan. (Foto: Liputan6.com/Ist)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menerima penghargaan. (Foto: Liputan6.com/Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan Polri. Mutasi salah satunya menyasal Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi yang ditugaskan di kementerian.

Ahmad Luthfi dimutasi menjadi Pati Itwasum Polri penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Jabatan Kapolda Jateng akan digantikan oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri.

Selain itu, Irjen Hendro Pandowo yang sebelumnya menjabat Sahli Sosial Budaya Kapolri juga dimutasi menjadi Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Total ada 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri yang terkena mutasi jabatan. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram dengan Nomor ST/1554/VII/KEP/2014.

Surat telegram tersebut ditandatangani langsung oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (ASDM) Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Terkait hal ini, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan adanya mutasi tersebut.

Dia mengatakan, mutasi di lingkugan Polri ini dilakukan dalam rangka promosi, masa purna, dan tour of area.

"Tentunya mutasi personel Polri dalam rangka memberikan peningkatan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ahmad Luthfi Didukung Maju Pilgub Jateng

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Liputan6.com/Ist)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Liputan6.com/Ist)

Sebelumnya diberitakan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa Ketua Umum Prabowo Subianto telah memutuskan bahwa partainya akan mendukung Irjen Ahmad Luthfi di Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Haji Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Tengah,” kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Muzani berharap, adanya keputusan tersebut diikuti sikap kader untuk terjun membantu pemenangan Luthfi.

"Kami harap seluruh kader Partai Gerindra segera mempersiapkan diri untuk memenangkan calon gubernur yang akan kita majukan dalam Pilkada yang akan didaftarkan 27 Agustus yang akan datang,” kata Muzani. 

Sementara itu, Litbang Kompas merilis hasil survei terhadap elektabilitas calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024. Tercatat, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berada diposisi teratas dengan perolehan 7,0 persen.

Kaesang Pangarep unggul dalam simulasi model jawaban terbuka atau top of mind dan pada model jawaban semi tertutup (diekstrapolasi).

Pada posisi kedua, menyusul Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dengan 6,8 persen. Kemudian, Taj Yasin Maimoen di posisi ketiga dengan 3,2 persen.

Disusul sejumlah sosok lain dengan elektabilitas di bawah tiga persen. Mereka di antaranya, Raffi Ahmad 2,8 persen, Dico Ganinduto 2,6 persen, Bibit Waluyo 2,4 persen, Hendrar Prihadi 2,0 persen.


Gerindra Ingin Duetkan Ahmad Luthfi dengan Kaesang

Kaesang Pangarep dan Prabowo Subianto
Kedatangan jajaran DPP PSI dan Ketua Umum baru PSI, Kaesang Pangarep disambut drum band Canka Garuda Yaksa dari Partai Gerindra. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah resmi mendeklarasikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur, kini Partai Gerindra melirik putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, sebagai calon wakil gubernur.

"Sejumlah nama agak dominan ada Mas Kaesang, ada siapa-siapa tapi Pak Prabowo sangat mengkaji hal itu dan pada waktunya pasti akan diputuskan," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Muzani menilai Kaesang memiliki elektabilitas tinggi dalam berbagai survei Pilgub Jawa Tengah. "Di berbagai macam survei yang kami baca cukup menonjol. Nama Kaesang yang menonjol," ujar Muzani.

Dengan demikian, duet Ahmad Luthfi dan Kaesang dinilai menarik oleh Gerindra. Namun, keputusan final mengenai pasangan calon gubernur Jawa Tengah akan diambil oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ya menarik (duet Ahmad Luthfi-Kaesang)," ucap Muzani.

Muzani menambahkan, setelah Luthfi pensiun dari jabatannya di Polri, komunikasi politik untuk membahas pasangan calon akan diintensifkan.

"Tentu saja pada waktunya Pak Luthfi mungkin akan segera pensiun dari posisinya sebagai jabatan kapolda atau polisi aktif untuk segera mempersiapkan diri menjadi calon gubernur dan mungkin setelah itu intensitas komunikasi politik dengan para pihak termasuk dengan pejabat partai akan diintensifkan," jelasnya.

Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya