Polri Terima 325 Calon Taruna Akpol 2024

Dedi menjelaskan bahwa panitia melakukan perangkingan dengan menggabungkan calon taruna reguler, rekrutmen proaktif, dan kuota.

oleh Tim News diperbarui 29 Jul 2024, 00:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 00:00 WIB
Suasana pengumuman hasil seleksi taruna akpol 2024.
Suasana pengumuman hasil seleksi taruna akpol 2024. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyatakan bahwa Akademi Kepolisian (Akpol) telah menerima 325 calon taruna (Cataru) pada tahun 2024, yang terdiri dari 284 laki-laki dan 41 perempuan.

"Dari jumlah 490 sampai dengan tes akhir ini, tahun ini kita akan menerima 325 taruna dan taruni. Dari 325, 284 adalah taruna dan 41 adalah taruni," kata Irjen Dedi dalam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (28/7/2024).

Dedi menjelaskan bahwa panitia melakukan perangkingan dengan menggabungkan calon taruna reguler, rekrutmen proaktif, dan kuota. Setelah itu, panitia akan memilih calon taruna dengan nilai tertinggi dan sesuai dengan kuota masing-masing Polda.

"Yang menentukan kelulusan diri kalian sendiri, bukan orang lain. Kalian berjuang sendiri, kalian bisa mengukur kemampuan sendiri, dan kalian bisa melaporkan pada bapak dan ibu kalian. Ini hasil murni, jerih payah dan kerja keras para calon taruna dan taruni," ujar Dedi.

Sidang akhir seleksi tingkat pusat taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dimulai pada Minggu pukul 15.00 WIB. Sidang tersebut dipimpin oleh Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Dalam sidang yang digelar di Auditorium Cendikia, Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah itu Dedi turut didampingi Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dan Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno Halomoan Siregar.

"Rekrutmen tahun ini memang agak sedikit beda di banding tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya kita punya waktu 30 hari (proses seleksi) di tingkat pusat. Tahun ini kita hanya punya waktu 21 hari karena kegiatan di Polri padat," kata Dedi. Dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalani Karantina

Sebanyak 490 orang calon taruna tersebut telah menjalani karantina selama 21 hari untuk serangkaian tes dan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan administrasi, tes akademik, asesmen mental ideologi, pemeriksaan psikologi, penelusuran mental kepribadian. Kemudian juga uji kesamaptaan jasmani dan anthropometri, hingga pemeriksaan penampilan.

Dedi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia rekrutmen taruna Akpol baik di tingkat daerah maupun pusat karena dinilai telah bekerja keras menyelenggarakan proses seleksi yang objektif dan transparan. Ia mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap sistem seleksi.

"Kita selalu melakukan evaluasi terhadap terkait proses rekrutmen. Evaluasi menjadi acuan kami untuk membuat kebijakan," tutur dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya