Bermalam di IKN Jokowi Tak Bisa Tidur Nyenyak, Menteri PUPR Basuki Ungkap Penyebabnya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa tidur nyenyak saat menginap di Istana Negara, IKN. Kenapa?

oleh Devira PrastiwiLizsa Egeham diperbarui 29 Jul 2024, 18:22 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 18:22 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di IKN. (Biro Pers Kepresidenan).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di IKN. (Biro Pers Kepresidenan).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa tidur nyenyak saat menginap di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Menteri PUPR Basuki, hal itu disebabkan masalah pada AC atau pendingin ruangan.

"Iya karena AC-nya," kata Basuki kepada wartawan di Kawasan Istana IKN, Senin (29/7/2024).

Dia menjelaskan, AC di seluruh ruangan Istana Negara IKN sudah terpasang. Namun, kata Basuki, ada permasalahan pada AC yang berada di ruang tidur Presiden Jokowi.

"Ada AC-nya. Karena chillernya belum terisi air atau bagaimana. Ini open (dibuka) aja kan karena AC-nya. Tapi di ruangan lain dingin. Padahal kemaren sudah tumpengan, sudah doa bersama," ucap Plt Kepala Otorita IKN itu.

"Kayak di mobil kamu kurang freon kayak gitu lah kira-kira," timpal Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bermalam di Istana Negara yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu 28 Juli 2024.

Jokowi mengakui tidurnya tidak nyenyak sebab ini kali pertamanya bermalam di IKN.

"Tadi malam saya tidur di sini. Enggak nyenyak (tidurnya). Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi kepada wartawan di Kantor Presiden IKN Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Selama berkunjung di IKN, Jokowi biasanya menginap di glamping atau rumah dinas menteri. Namun, kali ini Jokowi memilih tidur di Istana Presiden di IKN.

"Ya mungkin pertama kali aja, masih belum apa ya, masih belum nyenyak," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Soft Ngantor di IKN, Jokowi Gelar Rapat Terbatas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani hari pertama berkantor di Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). Namun, Jokowi menyebut dirinya masih 'soft ngantor' sebab masih ada pekerja proyek.

"Ya kalo berkantor ya soft ngantor. Karena kan lewat pekerja juga," kata Jokowi kepaea wartawan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Jokowi akan menjalani kegiatan di IKN seperti bekerja di Istana Merdeka, Jakarta. Dia akan menggelar rapat bersama Otorita IKN dan kepala daerah yang ada di sekitar IKN.

"Hari ini saya ratas dengan OIKN, gubernur bupati di sekitar IKN. Pemanasan," ujarnya.

Dia menyebut pembangunan IKN, khususnya di Istana Negara masih terus berlangsung. Jokowi pun tak mau menganggu para pekerja yang sedang mengerjakan pembangunan IKN.

"Ya semuanya kan masih berjalan, semuanya masih berjalan dan hari ini saya juga akan menerima untuk rapat-rapat disini, di ruang kerja presiden. Tapi saya enggak bisa mengajak karena masih banyak yang bekerja supaya semua yang bekerja enggak terganggu," jelasnya.

"Masih ada pembersihan, masih ada furnishing. Semuanya masih dalam progres yang baik," sambung Jokowi.

 


Jokowi: Air di IKN Melimpah, Listrik Oke, Internet Bagus

Atta Halilintar
Atta Halilintar diajak Presiden Jokowi sidak ke Ibu Kota Nusantara alias IKN di Kalimantan. Ia bersyukur bisa ngopi dan makan nasi goreng bareng RI-1. (Foto: Dok. Instagram @attahalilintar)

Jokowi juga mengungkapkan bahwa tidak ada masalah dari pasokan air dan listrik, usai dirinya bermalam dan bekerja perdana di Istana di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (29/7/2024).

Presiden Jokowi menyebut, untuk pasokan air melimpah, tidak ada masalah. Adapun fasilitas listrik juga baik.

"Enggak ada masalah. Air melimpah, listrik oke," kata Presiden Jokowi.

Begitu pula dengan jaringan internet di IKN. Jokowi memastikn intenet sangat bagus.

"Internet bagus," ucap dia.

Sementara itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak para penggiat seni dan pemengaruh atau influencer Tanah Air makan malam bersama di kawasan glamping Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Minggu 28 Juli 2024 malam.

Beragam menu yang disajikan antara lain nasi goreng, kambing guling, bakso, mie ayam, mie godok, sushi, hingga burger.

"Saya sudah makan 3 porsi. Enak banget," kata Willie Salim salah seorang influencer yang ikut makan malam bersama, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (29/7/2024).

 


Jokowi Sebut Tidak Ada Sidang Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Otorita IKN,OJK)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Otorita IKN,OJK)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Senin 29 Juli 2024. Namun dipastikan, agenda hari ini bukanlah rapat terbatas (ratas) atau pun sidang kabinet.

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan tetapi harus menunggu semua menteri yang berada di luar negeri pulang ke Indonesia, seperti yang sedang mengawal agenda Olimpiade Paris. Salah satunya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Ratasnya, nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air. Karena masih banyak yang di Paris," kata Jokowi saat hendak bertolak ke IKN, Minggu 28 Juli 2024.

"(Termasuk sidang kabinet perdana di IKN) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir," sambung Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi soal kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 30 Juli 2024.

Heru mengatakan hal tersebut akan dijelaskan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Namun, dia akan mempersiapkan fasilitas apabila Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN.

"Itu nanti sedang kami rapihkan semua untuk sidang kabinet mungkin nanti bisa dijelaskan Seskab," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," imbuh dia.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya