Kemungkinan Duet dengan Jusuf Hamka, Anies: Babah Alun Teman Lama, Komunikasi Mengalir Terus

Anies meminta agar komunikasi yang dijajaki dengan Jusuf Hamka mengalir dengan natural. Nanti, saat waktunya akan muncul sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta.

oleh Tim News diperbarui 01 Agu 2024, 10:28 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 10:28 WIB
Anies Baswedan
Mantan Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 01 Anies Baswedan. (Liputan6.com/Anies Baswedan).

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon gubernur dari Partai NasDem Anies Baswedan, merespons soal peluang Jusuf Hamka berduet denganya di Pilkada Jakarta 2024. Anies menyebut, dirinya dengan Jusuf Hamka merupakan teman lama saat dia bertugas sebagai Gubernur Jakarta.

"Pak Jusuf Hamka atau Babah Alun itu adalah teman lama yang ketika saya bertugas di Jakarta, beliau juga banyak melakukan kegiatan di Jakarta," kata Anies, saat diwawancarai usai Mukernas Perindo, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2024. 

Oleh sebab itu, Anies meminta agar komunikasi yang dijajaki dengan Jusuf Hamka mengalir dengan natural. Nanti, saat waktunya akan muncul sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta.

"Jadi biarkan komunikasinya mengalir terus, natural saja. Nanti pada waktunya baru kita lihat, mana yang pas untuk mengusung bersama-sama," jelas dia.

Sebelumnya, Politikus Partai Golkar Jusuf Hamka mengaku siap diduetkan dengan siapa saja dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Termasuk dengan Anies Baswedan. Selama partainya memberikan restu.

"Saya siap asal partainya setuju. Sebab saya juga sahabatan sama Pak Anies. Saya juga sahabat baik sama Pak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama)," kata Jusuf Hamka. 

Partai Golkar telah menugaskan Jusuf Hamka untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Meski demikian, belum terlihat elektabilitasnya di sejumlah hasil survei. Pengamat politik R Wijaya Dg Mapasomba mengatakan, salah satu yang bisa diandalkan adalah popularitas dari Jusuf Hamka yang dimiliki selama ini.

"JH (Jusuf Hamka) adalah pemain baru. Artinya kalaupun elektabilitasnya rendah di bawah Anies tidak masalah. Tapi popularitas JH di masyarakat sudah tidak bisa diragukan lagi karena dikenal kegiatan sosialnya membantu masyarakat," kata dia, Senin (29/7/2024).

Menurut Wijaya wajar jika Anies elektabilitasnya tinggi. Salah satu alasannya karena yang bersangkutan petahana.

"Menurut saya itu hal yang wajar karena Anies merupakan mantan Gubernur apalagi pernah jadi capres," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peluang Jusuf Hamka Diusung Golkar

babah alun
Pengusaha Jusuf Hamka menunjukkan surat penugasan dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil membeberkan sejumlah skenario partainya untuk persiapan Pilkada 2024.

"(Putusan akhir buat Pilkada) Tanggal 8-16-22. Kalau Golkar itu ada tiga jendela, jendela tanggal 8, jendela tanggal 16, jendela tanggal 22," kata dia di Jakarta, Rabu 24 Juli 2024.

"Berarti kalau enggak ada dinamika tanggal 8 Agustus, kalau masih ada dinamika 16. Kalau masih ada dinamika lagi tanggal 22, karena pendaftaran kan tanggal 27-28," sambungnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini memprediksi sosok di Pilkada Jakarta dan Jabar bakal ditentukan di menit terakhir.

Bahkan, dia pun memberi sinyal seumpama bukan dirinya yang maju di Jakarta, maka ada sosok Jusuf Hamka.

"Ya tentu kan nama saya kan masih disebut, ada Pak Jusuf Hamka kalau dari Golkar sempat juga. Kalau feeling saya sih Jakarta, Jabar itu last minute," ungkap dia.

Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya