Top 3 News: Dinkes DKI Jakarta Sebut 60 Anak Jalani Terapi Gagal Ginjal di RSCM

Dinkes DKI Jakarta mengungkapkan sekitar 60 anak tengah menjalani terapi gagal ginjal di Rumah Sakit Rujukan Kasus Ginjal Anak yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM). Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiPramita TristiawatiJonathan Pandapotan PurbaWinda Nelfira diperbarui 06 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 08:30 WIB
hemodialisa
Dinkes DKI Jakarta mengungkapkan sekitar 60 anak tengah menjalani terapi gagal ginjal di Rumah Sakit Rujukan Kasus Ginjal Anak yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM). Itulah top 3 news hari ini. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan sekitar 60 anak tengah menjalani terapi gagal ginjal di Rumah Sakit Rujukan Kasus Ginjal Anak yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM). Itulah top 3 news hari ini.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati, Senin, 5 Agustus 2024. Ani menyampaikan, DKI Jakarta memiliki sumber daya manusia Dokter Spesialis Anak Sub Spesialis Nefrologi sebanyak tujuh orang. Empat orang bertugas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Kemudian, menurut Ani, dua orang lainnya bertugas di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita. Sedangkan satu orang bertugas di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpeluang akan menyelidiki kasus dugaan korupsi kuota haji yang menyeret Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Wakilnya Saiful Rahmat Daisuki atas pengalihan kuota haji secara sepihak.

Juru Bicara (Jubir) KPK Tessa Mahardika Sugiarto menyebut kasus dugaan korupsi tersebut baru akan diselidiki apabila adanya dokumen pelaporan yang dinyatakan lengkap.

Yaqut dan Wakilnya dilaporkan oleh koalisi masyarkat sipil yang membeberkan danya pengurangan jatah reguler kuota haji 8.400 orang ke jemaah haji khusus.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka memantau langsung pelaksanaan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG), di SDN 4 Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten, Senin 5 Agustus 2024.

Saat tiba di sekolah dasar tersebut, Gibran disambut dengan warga Tangerang yang sudah berada di lokasi. PJ Wali Kota Tangerang Nurdin, dan sejumlah pejabat terkait di Kota Tangerang, juga menyambut di lokasi.

Dia langsung memasuki kelas 4, di mana di dalam kelas tersebut di meja masin-masing puluhan siswanya sudah disediakan makan bergizi gratis. Yakni terdiri dari seporsi nasi, sepotong fuyunghai, lengkap dengan saosnya. Lalu, tumis sayur, potongan buah melon, dan juga susu kemasan atau UHT.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 5 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Dinkes DKI Jakarta Sebut 60 Anak Jalani Terapi Gagal Ginjal di RSCM

Ilustrasi Cuci Darah
Ilustrasi Cuci Darah. (Photo Freepik)

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan sekitar 60 anak tengah menjalani terapi gagal ginjal di Rumah Sakit Rujukan Kasus Ginjal Anak yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Saat ini sekitar 60 anak menjalani terapi gagal ginjal anak di Rumah Sakit Rujukan Kasus Ginjal Anak, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis, dikutip Senin, 5 Agustus 2024.

Ani menyampaikan, DKI Jakarta memiliki sumber daya manusia Dokter Spesialis Anak Sub Spesialis Nefrologi sebanyak tujuh orang. Empat orang bertugas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Kemudian, dua orang lainnya bertugas di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita. Sedangkan satu orang bertugas di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk," terang Ani.

 

Selengkapnya...


2. KPK Ancang-Ancang Selidiki Kasus Dugaan Korupsi Kuota Haji

Ilustrasi KPK
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpeluang akan menyelidiki kasus dugaan korupsi kuota haji yang menyeret Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Wakilnya Saiful Rahmat Daisuki atas pengalihan kuota haji secara sepihak.

Juru Bicara (Jubir) KPK Tessa Mahardika Sugiarto menyebut kasus dugaan korupsi tersebut baru akan diselidiki apabila adanya dokumen pelaporan yang dinyatakan lengkap.

"Apabila lengkap tentunya bisa diteruskan ke tingkat yang lebih lanjut. Ke dalam hal ini adalah penyelidikan," ujar Tessa kepada wartawan, Minggu, 4 Agustus 2024.

Yaqut dan Wakilnya dilaporkan oleh koalisi masyarkat sipil yang membeberkan danya pengurangan jatah regular kuota haji 8.400 orang ke jemaah haji khusus.

 

Selengkapnya...


3. Gibran Pantau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN 4 Tangerang

Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat memantau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang.
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat memantau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka memantau langsung pelaksanaan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG), di SDN 4 Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Senin, 5 Agustus 2024.

Saat tiba di sekolah dasar tersebut, Gibran tiba disambut dengan warga Tangerang yang sudah berada di lokasi. PJ Wali Kota Tangerang Nurdin, dan sejumlah pejabat terkait di Kota Tangerang, juga menyambut di lokasi.

Dia langsung memasuki kelas 4, di mana di dalam kelas tersebut di meja masing-masing puluhan siswanya sudah disediakan makan bergizi gratis. Yakni terdiri dari seporsi nasi, sepotong fuyunghai, lengkap dengan saosnya. Lalu, tumis sayur, potongan buah melon, dan juga susu kemasan atau UHT.

Gibran langsung mempersilakan anak-anak untuk makan, sembari membagikan buku-buku tulis kepada anak-anak.

"Ayo dimakan. Enak ndak?" tanya Gibran yang dijawab anggukan siswa.

 

Selengkapnya...

Infografis Sederet Tokoh Ramaikan Bursa Capim dan Dewas KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sederet Tokoh Ramaikan Bursa Capim dan Dewas KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya