Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN

Menurut Prabowwo, Jokowi telah mengambil keputusan bersejarah dengan menginisiasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, dia berkomitmen akan melanjutkan dan menyelesaikan proyek IKN tersebut.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 12 Agu 2024, 09:01 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 09:01 WIB
Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih periode 2024-2029 Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Prabowo memastikan pembangunan IKN yang dimulai di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak akan mangrak.

Hal ini disampaikan Prabowo kepada wartawan sebelum menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN, Senin (12/8/2024). Prabowo berbicara hal tersebut di depan Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan (pembangunan IKN) ya," kata Prabowo di Kawasan Embung MBH IKN, Senin.

Menurut dia, Jokowi telah mengambil keputusan bersejarah dengan menginisiasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, Prabowo berkomitmen melanjutkan dan menyelesaikannya.

"Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," ujarnya.

Menteri Pertahanan itu menyadari bahwa IKN merupakan proyek besar yang tak dapat selesai dalam waktu cepat. Namun, Prabowo meyakini fungsi IKN sebagai ibu kota negara dapat berjalan dalam tiga tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat. Tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun, fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," jelasnya.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," sambung Prabowo Subianto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini yang Akan Dibahas Jokowi dalam Rapat Kabinet Perdana di IKN

Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan ada sejumlah hal yang akan dibahas bersama para menteri mulai dari, pembangunan IKN hingga persiapan transisi pemindahan ibu kota negara.

"Ya yang pertama, kita akan menjelaskan kembali mengenai IKN. Yang kedua, yang berkaitan dengan PMI (atau) Purchasing Management Index," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

"Yang ketiga, masalah yang lain-lain yang memang untuk keberlanjutan ini apa, transisi ini apa yang harus disiapkan oleh semua kementerian. Itu aja kira-kira," sambungnya.

Adapun sidang kabinet ini dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para menteri kabinet lainnya.

Selain itu, Jokowi akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur. Salah satunya, grounbreaking Istana Wakil Presiden.

"Ada ground breaking beberapa. Dari investor termasuk juga Istana Wapres akan digroundbreaking oleh Pak Wapres," ujarnya.


Perdana ke IKN, Wapres Langsung Pimpin Doa

wapres
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tiba di Swissotel Nusantata, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Minggu sore (11/08/2024) sekitar pukul 18.00 WITA. (Foto: BPMI Setwapres)

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tiba di Swissotel Nusantata, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Minggu sore (11/08/2024) sekitar pukul 18.00 WITA.

Diketahui, ini adalah kali pertama Ma’ruf berkunjung ke Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. Saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tanah IKN, Ma’ruf  langsung memanjatkan doa yang diaminkan oleh para pejabat dan rombongan yang menyertainya. 

Dikutip dari keterangan tertulis, Ma’ruf menengadahkan kedua tangan memimpin doa bersama. Doa yang dipanjatkan untuk keberkahan dan keselamatan pemerintah yang akan menempati pusat pemerintahan baru, dan juga bangsa Indonesia yang telah menorehkan sejarah baru. 

Ma’ruf mengharapkan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa meridai segala pencapaian bangsa Indonesia, serta terus menganugerahkan keberkahan dan kemakmuran kepada seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam kunjungan ini, Ma’ruf akan melakukan sejumlah kegiatan kerja, termasuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) kawasan Istana Wakil Presiden di IKN dan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.


Ikut Sidang Kabinet Perdana di IKN

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Perdana Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ma'ruf Amin dan rombongan sebelumnya tinggal landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Bae-RJ 85 sekitar pukul 13.00 WIB menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kaltim.

Setibanya di Balikpapan, Ma'ruf akan disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni beserta segenap anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltim. Demikian dikutip dari Antara, Minggu.

Usai beristirahat sejenak, Ma'ruf dan rombongan kemudian langsung beranjak ke IKN. Pada malam di hari yang sama, pukul 20.00 Wita, Wapres diagendakan mengikuti acara makan malam bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Plaza Ceremony, Sumbu Kebangsaan. Selanjutnya, Wapres akan bermalam di Swissotel Nusantara.

Pada keesokan harinya, Senin 12 Agustus 2024 pukul 09.30 Wita, Wapres dijadwalkan mengikuti sidang kabinet paripurna bersama Presiden dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda. Sidang kabinet tersebut akan membahas arahan Presiden tentang "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya