Heru Budi Tinjau Lokasi Pengungsian Warga Terdampak Kebakaran di Manggarai

Mendapati keluhan warga itu, Heru meminta agar jajarannya mencatat apa yang menjadi kebutuhan dasar warga pengungsi terdampak kebakaran.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Agu 2024, 20:08 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 20:08 WIB
Heru Budi
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pengungsi yang terdampak kebakaran di kawasan padat penduduk di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pengungsi yang terdampak kebakaran di kawasan padat penduduk di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, pada Rabu (14/8/2024) Heru Budi tiba di salah satu lokasi pengungsian yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Pasar Raya, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan sekira pukul 17.48 WIB.

Terlihat di lokasi pengungsian tersebut terbangun sejumlah tenda milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, hingga Baznas Bazis DKI Jakarta.

Heru berkeliling posko sembari melihat dan menyapa warga. Sesekali warga nampak menyampaikan keluh kesahnya ke Heru Budi.

"Pak di sini belum ada lampunya Pak, gelap Pak" kata seorang warga dari dalam tenda.

"Di sini panas Pak kita," ujar warga pengungsi yang lainnya.

Mendapati keluhan warga itu, Heru meminta agar jajarannya mencatat apa yang menjadi kebutuhan dasar warga pengungsi terdampak kebakaran.

Ada pula warga yang menanyakan kepada Heru Budi perihal anggota keluarganya yang dalam perawatan. Warga tersebut, meminta agar anggota keluarganya didata Pemprov DKI Jakarta agar bisa dirawat di rumah sakit.

"Ada yang dalam perawatan karena kejadian ini (kebakaran) jadi sesak napas lagi, harusnya dibawa dan dirawat ke rumah sakit," ujar warga itu.

Diketahui, kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Kebakaran diduga terjadi karena adanya korsleting saat pengisian daya ponsel di salah satu rumah warga.

"Menurut keterangan dari bapak Sukiman Ketua RT 02 RW 06, sumber kebakaran dari charger handphone," kata Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebakaran di Manggarai

 

Syamsul mengatakan kebakaran terjadi pada Selasa dini hari (13/8/2024) sekitar pukul 02.30 WIB. Syamsul menyebut, saat itu sebuah ponsel tengah diisi daya, namun meledak dan apinya menyambar tempat tidur.

Kebakaran ini juga menyebabkan ribuan warga mengungsi dengan rincian, 2.888 jiwa dari 750 KK di RW 06 dan 1.331 jiwa atau 300 KK dari RW 12. Sementara itu, estimasi kerugian akibat kebakaran masih dalam proses pendataan.

Infografis Kebakaran Hebat Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kebakaran Hebat Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya