Jelang HUT ke-79 RI, Mantan KSAU Chappy Hakim Pamerkan 50 Buku Karyanya di Perpusnas

Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, mengadakan pameran tunggal yang menampilkan 50 buku karyanya di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat.

oleh Winda Nelfira diperbarui 15 Agu 2024, 14:17 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 14:17 WIB
Pameran buku bertajuk 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired'.
Pameran buku bertajuk 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired'. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Periode April 2002-Februari 2005 Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim menggelar pameran tunggal 50 buku karyanya di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta Pusat dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Pameran buku dengan tema 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired' itu resmi dibuka Chappy pada Kamis pagi (15/8/2024) pukul 10.00 WIB. Pembukaan pameran dihadiri keluarga dan kolega-kolega Chappy.

Sebagian besar buku karya Chappy berisi ulasan, analisis, dan pemikiran pribadi Chappy mengenai kedirgantaraan dan pertahanan negara, semisal buku yang berjudul 'Air Force Leadership' dan 'Tol Udara Nusantara'.

"Saya beruntung menjadi pilot angkatan udara, tapi dalam perjalannya saya mendapat kesempatan untuk menjadi pilot penerbangan sipil," kata Chappy.

Sebagian buku karya Chappy yang lain terdiri dari tulisan soal kepemimpinan dan humaniora. Tak hanya itu, Chappy juga menulis buku yang berkaitan dengan kegiatannya usai purna tugas.

"Buku ini bagian dari kegiatan saya setelah pensiun yang sudah saya tekadkan untuk berbagi. Jadi berbagi bagaimana? Saya menulis, mengajar, saya juga berdiskusi, saya menjadi narasumber," kata Chappy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Family Corner

Pameran buku bertajuk 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired'.
Pameran buku bertajuk 'Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa-Retired but not Expired'. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Pada pameran ini, Chappy tak hanya memamerkan buku karyanya saja. Ada pula family corner, yang berisi ragam buku yang ditulis istrinya Pusparani Hasjim dan dua anak serta mantu Chappy.

"Ada dua sisi di sini, selain saya ingin menyebarkan tentang kedirgantaraan saya juga ingin berbagi di bidang literasi.Saya punya kegiatan misalnya literasi akhir pekan, saya ada kegiatan monthly meeting, pertemuan bulanan di pusat studi air power Indonesia," ujarnya.

Chappy, saat ini aktif di Pusat Studi Air Power Indonesia dan lembaga think tank yang fokus mengkaji isu kedirgantaraan dan pertahanan. Chappy berharap, lewat pameran buku ini dapat mengajak lintas generasi agar terus aktif berkarya.

"Mudah-mudahan dengan pameran ini saya berharap bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran pada masyarakat luas. Mari kita melihat masa depan Indonesia ke depan. Jangan kita terjebak pada kegiatan-kegiatan menghancurkan diri sendiri," kata Chappy.

Adapun pameran buku tunggal Chappy Hakim bakal berlangsung sampai 21 Agustus 2024 di Perpusnas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya