712 Warga Binaan Rutan Depok Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 13 Orang Langsung Bebas

Kepala Rutan Depok, Lamarta Surbakti mengatakan, pemberian remisi merupakan salah satu hak kepada warga binaan.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 17 Agu 2024, 15:55 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2024, 15:55 WIB
Sejumlah napi Rutan Kelas I Depok, menerima surat remisi saat peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Divisi Infanteri 1/Kostrad, Depok.
Sejumlah napi Rutan Kelas I Depok, menerima surat remisi saat peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Divisi Infanteri 1/Kostrad, Depok. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Rutan Kelas I Depok memberikan remisi kepada 712 warga binaan atau narapidana. Pemberian remisi bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Rutan Depok, Lamarta Surbakti mengatakan, pemberian remisi merupakan salah satu hak kepada warga binaan. Pemberian remisi setelah dilakukan penilaian terhadap sikap dan perilaku warga binaan selama menjalani masa hukuman di Rutan Kelas I Depok.

“Remisi kami berikan pada 712 warga binaan. Untuk remisi bebas langsung, diberikan kepada 13 warga binaan,” ujar Lamarta saat ditemui Liputan6.com di Rutan Kelas I Depok, Sabtu (17/8/2024).

Adapun pemberian remisi harus memenuhi sejumlah unsur dan ketentuan yang telah ditetapkan. Adapun warga binaan Rutan Kelas I Depok untuk mendapatkan remisi harus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan Rutan Kelas I Depok.

“Kedepannya mereka (warga binaan) menyadari apa yang diperbuat, supaya tidak terulang kembali kesalahan sebelumnya,” jelas Lamarta.

Adapun 712 warga binaan yang mendapatkan remisi berasal dari kategori anak berjumlah 692 orang. Selain itu, terdapat remisi umum yang diberikan kepada 20 orang sedangkan bebas langsung sebanyak 13 orang.

“Bebas langsung sebanyak 13 orang dan menjalani subsider sebanyak tujuh orang,” ucap Lamarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Adakan Perlombaan

Sejumlah warga binaan mengikuti lomba tarik tambang yang digelar Rutan Kelas I Depok pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.
Sejumlah warga binaan mengikuti lomba tarik tambang yang digelar Rutan Kelas I Depok pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Lamarta meminta, warga binaan yang telah dinyatakan bebas dapat kembali membaur dengan masyarakat dengan perilaku yang lebih baik. Program pembinaan yang telah dijalani di Rutan Kelas I Depok, dapat diimplementasikan warga binaan yang telah kembali bermasyarakat.

“Warga binaan benar-benar menjadi anggota masyarakat yang taat hukum dan tidak akan mengulangi kesalahannya kembali,” terang Lamarta.

Lamarta mengungkapkan, Rutan Kelas I Depok mengadakan perlombaan kepada warga binaan untuk menyemarakkan HUT ke-79 Republik Indonesia. Sejumlah perlombaan diberikan kepada warga binaan untuk merasakan kebahagiaan pada hari kemerdekaan.

“Kami mengadakan perlombaan untuk warga binaan, mereka sangat antusias mengikuti perlombaan yang kami berikan,” pungkas Lamarta.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya