Airin Resmi Diusung PDIP di Pilgub Banten, Golkar Bakal Beri Sanksi?

PDIP resmi mengusung pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024. Airin maju Pilgub Banten tanpa dukungan dari partainya sendiri, Partai Golkar. Lantas apakah Golkar bakal menjatuhkan sanksi kepada Airin?

oleh Tim News diperbarui 26 Agu 2024, 14:39 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 14:38 WIB
Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi diusung sebagai sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur oleh PDIP, Senin (26/8/2024).
Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi diusung sebagai sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur oleh PDIP, Senin (26/8/2024). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengusung pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024. Airin maju di Pilgub Banten tanpa dukungan dari partainya sendiri, Partai Golkar.

Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai bahwa ini adalah situasi yang tak mudah bagi partainya. Ia menyebut, Golkar memang mengedepankan kerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilgub Banten.

"Jadi tentu ini sebetulnya situasi yang tidak mudah dihadapi oleh Golkar. Tapi kita sekali lagi mengatakan bahwa pilihannya itu berdasarkan kepentingan yang lebih besar ya, kebersamaan kami dengan Koalisi Indonesia Maju ini adalah tadi," kata Doli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

"Seperti yang saya katakan lebih pada mengutamakan kepentingan kebersamaan yang lebih besar itu kepentingan bangsa dan negara gitu," sambungnya.

Doli menyebut, partainya menghargai sikap politik yang secara syarat dan kompetensi memenuhi untuk bisa mencalonkan di Pilgub Banten. Dia sendiri mengusulkan agar Airin tidak diberikan sanksi atas keputusannya maju lewat dukungan partai lain.

"Saya mengusulkan kepada teman-teman DPP untuk tidak memberikan sanksi apapun kepada Ibu Airin ya karena itu hak sebagai warga negara ya dijamin konstitusi," kata Doli.

"Apalagi dia masih menyatakan sampai sekarang adalah kader Partai Golkar ya tentu kita memberikan kesempatan juga kepada Ibu Airin," ujarnya memungkasi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Senyum Airin Diusung PDIP Maju Pilgub Banten

Pasangan bakal cagub dan cawagub Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi resmi diusung PDIP maju di Pilgub Banten 2024, Minggu (25/8/2024).
Pasangan bakal cagub dan cawagub Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi resmi diusung PDIP maju di Pilgub Banten 2024, Minggu (25/8/2024). (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Senyum semringah Airin Rachmi Diany terlihat ketika dirinya hendak diusung secara resmi oleh DPP PDIP untuk maju di Pilkada Banten. Di mana, Airin akan dipasangkan dengan Ade Sumardi selaku Ketua DPD PDIP Banten sebagai pasangan bakal cagub dan cawagub.

Berdasarkan pantauan merdeka.com di Gedung DPP PDIP, Jakarta, terlihat Airin yang telah memakai pakaian batik tenun bernuansa merah putih. Dia nampak menyapa segenap pengurus DPP PDIP yang hadir.

Tidak hanya itu, Airin juga sempat berpose foto dengan calon Cawagubnya, Ade Sumardi. Keduanya tampak tersenyum saling mengepalkan tangan jelang detik-detik penyerahan B1KWK oleh DPP PDIP.

Saat ditanya awak media, Airin nampak masih irit bicara. Politikus Partai Golkar itu hanya mengatakan kalau dirinya hanya memposisikan diri beradaptasi dengan PDIP yang akan mengusungnya.

“Kenapa kamu pake baju abu abu. Sesuai dengan gambar saya dimana dimana. (Bakal gabung kader?) Baiknya gimana,” ujar Airin sambil tersenyum menyapa awak media.


Golkar Dukung Andra-Dimyati

Partai Golkar resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024-2029 (Istimewa)
Partai Golkar resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024-2029 (Istimewa)

Sementara itu, Partai Golkar resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024-2029. Andra-Dimyati pun telah menerima formulir B1-KWK dari Golkar sebagai salah satu syarat pencalonan ke KPU Provinsi Banten.

Formulir B1-KWK diserahkan langsung oleh Ketum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia ke Andra Soni-Dimyati di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu (25/8) malam.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya atas nama pengurus DPP Partai Golkar dan Golkar Banten menyerahkan rekomendasi ini kepada Pak Cagub, Cawagub. Semoga Allah meridhoi perjuangan dan bisa memenangkan kompetisi ke depan," kata Bahlil kepada Andra dan Dimyati.

Bahlil berharap, Andra-Dimyati bisa memenangkan Pilgub Banten 2024, dan bisa mewujudkan masyarakat Banten yang sejahtera.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Banten Andra Soni mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Ketum DPP Golkar Banten yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya bersama Dimyati.

"Alhamdulillah malam ini kami baru saja menerima dokumen B1-KWK dari Partai Golkar untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten atas nama kami, Andra Soni dan Pak Dimyati Natakusumah," kata Andra.

"Dan Alhamdulillah kami mendapat pesan-pesan dari Ketum Golkar untuk bagaimana bisa membangun Banten, bisa bersinergi dengan Pemerintahan ke depan dan Insya Allah kami akan menjalankan pesan tersebut sebaik-baiknya," tambah Andra.   

Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya