Anies Sudah Urus Berkas di PN Jaksel untuk Syarat Maju Pilkada Jakarta 2024

Anies Rasyid Baswedan mengurus sejumlah surat persyaratan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 26 Agu 2024, 23:05 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 23:05 WIB
Bakal calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan berpamitan dengan ibundanya Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (26/8/2024). Anies bakal dideklarasikan sebagai Cagub oleh PDIP
Bakal calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan berpamitan dengan ibundanya Aliyah Rasyid Baswedan di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Senin (26/8/2024). Anies bakal dideklarasikan sebagai Cagub oleh PDIP.

Liputan6.com, Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengurus sejumlah surat persyaratan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Hal itu diungkapkan oleh pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto. Dia mengungkapkan ada tiga surat keterangan yang diterbitkan PN Jaksel untuk Anies Baswedan.

Ketiga surat itu yakni surat keterangan tidak pernah sebagai tersangka, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilih dalam daftar pemilih, dan surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang atas nama pribadi maupun badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya.

"Surat keterangan tersebut dikeluarkan atas permohonan Anies Rasyid Baswedan untuk persyaratan pencalonan sebagai gubernur DKI Jakarta," kata Djuyamto dalam keterangan tertulis, Senin (26/8/2024).

Djuyamto menerangkan, PN Jaksel juga menerbitkan ketiga surat tersebut atas nama Andhika Perkasa untuk persyaratan pencalonan sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

Penerbitan surat merupakan tindak lanjut dari permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Andhika Perkasa.

"Permohonan langsung diproses pada hari itu juga adalah sesuai SOP layanan surat keterangan di PN Jaksel," ucap Djuyamto.

Anies Baswedan digadang-gadang bakal diusung PDIP di Pilkada Jakarta 2024. Kabarnya, mantan gubernur Jakarta itu akan dipasangkan dengan kader PDIP, Rano Karno alias Si Doel.

Namun, pengumuman nama Anies sebagai cagub Jakarta yang sedianya disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada hari ini, Senin (26/8/2024), ternyata urung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PDIP Sebut Duet Anies Baswedan-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024 Belum Pasti

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat memberi arahan pada acara surat rekomendasi partai di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan duet Anies Baswedan-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024 masih belum pasti. Hal itu menjadi hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Oh, masih belum, itu kewenangan hak prerogatif dari Ketua Umum. Maka sabarlah sedikit, satu dua hari, pasti Ketua Umum akan menyampaikan siapa yang nanti akan dicalonkan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur," ujar Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Djarot menyebut, Anies Baswedan memang sempat datang ke Kantor DPP PDIP, termasuk juga Rano Karno. Namun begitu, keduanya disebut hanya tengah bersilaturami dan bertukar pikiran.

"Memang Pak Anies tadi kita lihat sempat datang, di Gedung B ketemu sama si Doel, Bang Rano, betul enggak? Kalian harus ingat bahwa Pak Rano, Bung Rano Karno ini adalah gubernur Banten, wakil gubernur Banten," terang Djarot.

"Pak Anies itu gubernur DKI, masa gubernur DKI sama gubernur Banten berdiskusi tidak boleh, boleh kan. Jadi dalam rangka untuk silaturahmi untuk membicarakan sebetulnya DKI ke depan itu seperti apa, tukar menukar pengalaman," sambung dia.

Selain itu, beredar kabar bahwa PDIP melabuhkan pilihan jagoan ke Pramono Anung untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Namun begitu, kabar tersebut tidak direspons lebih jauh.

"Yang paling penting kan itu ya, jadi tunggu saja satu dua hari (diumumkan Pilkada Jakarta 2024)," Djarot menandaskan.


Tidak Ada Pengumuman Dukung Anies Baswedan-Rano Karno di Markas PDIP Hari Ini

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (tengah) berfoto dengan enam pasang bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur usai memberikan surat rekomendasi partai di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar deklarasi dukungan untuk calon kepala daerah Pilkada 2024. Namun begitu, tidak ada pengumuman mengusung Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Senin (26/8/2024), Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sendiri menuntaskan pengumuman enam pasangan calon kepala daerah untuk enam provinsi, tanpa menyebut Anies Baswedan atau pun Rano Karno yang digadang-gadang sebagai wakil di Pilkada Jakarta 2024.

Adapun daftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi didukung PDIP pada pengumuman gelombang ketiga ini adalah sebagai berikut:

1. Pilkada Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi

2. Pilkada Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi 

3. Pilkada Gorontalo, Hamzah Isa-Abdurrahman Abubakar Bahmid

4. Pilkada NTT, Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto 

5. Pilkada Kalimantan Utara, Andi Sulaiman-Andri Partono 

6. Pilkada Sulawesi Utara, Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh.

Selain itu, baik Anies Baswedan mapun Rano Karno juga tidak tampak berada di dalam ruangan deklarasi di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Peluang Anies Baswedan dan Prediksi 3 Paslon Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya