Megawati Cecar Airin soal Anak Yatim dan Stunting di Banten

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberi perhatian terhadap nasib anak-anak yatim piatu. Oleh karena itu, Megawati memerintahkan bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany untuk menuntaskan permasalahan anak yatim piatu di Banten.

oleh Aries Setiawan diperbarui 27 Agu 2024, 01:05 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 01:05 WIB
PDIP
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberi perhatian terhadap nasib anak-anak yatim piatu. Oleh karena itu, Megawati memerintahkan bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany untuk menuntaskan permasalahan anak yatim piatu di Banten.

Megawati mengaku tidak segan bertanya apabila ingin mengetahui jumlah anak yatim di Banten. Dia pun mempersilakan Airin untuk keluar dari kontestasi Pilkada Banten 2024 jika tidak mengetahui jumlah anak yatim di Banten.

"Sama Ibu Airin. Kalau enggak bisa jawab, berapakah banyaknya anak yatim piatu (Banten)? Kalau enggak bisa jawab, out!" tegas Megawati saat pidato usai penyerahan rekomendasi kepada enam pasang calon kepala daerah di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Menurut Megawati, Airin harus bisa memikirkan nasib anak yatim piatu di daerahnya. Sebab, anak yatim harus ditanggung oleh negara sebagai bagian dari generasi penerus bangsa.

"Ya dong. Pikirin dong. Itu kan yang namanya apa, generasi baru bangsa loh. Kan saya suka nanya," ucap Megawati.

Di sisi lain, Megawati juga mewanti-wanti kepada Airin untuk menepati segala janji kampanyenya. Karena, Airin bersama Ade Sumardi telah diusung oleh PDIP maka harus memikirkan kondisi rakyat.

"Airin! Ngomong yang keras! (sambil menunjuk ke arah Airin yang duduk di barisan depan) Iya, dong. Kalau lo udah masuk PDIP, awas lo, ye," kata Megawati.

Tidak hanya soal anak yatim, Megawati juga meminta Airin memprioritaskan agenda menghilangkan stunting apabila terpilih dan memenangi Pilkada Banten 2024.

"Masih banyak itu anak stunting. Nanti kalau Ibu Airin cepat-cepat itu, yang namanya Banten, kalau jadi situ, ya, stunting kok pakai persen-persen. Stunting itu, ya, nol," ucap Megawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Airin Usai Ditegur Megawati

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Airin Rachmi Diany hadir langsung pada acara penyerahan surat rekomendasi oleh PDI-P. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah teguran yang dilayangkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri perihal jumlah anak yatim dan masalah stunting, dianggap Airin Rachmi Diany sebagai masukan positif.

Bahkan, dia memandang apa yang disampaikan Megawati selama pidato adalah bentuk rasa sayang seorang ibu kepada putrinya.

"Oh enggak apa-apa, itu suatu rasa sayang ibu terhadap putrinya. Terhadap kami sebagai putra-putrinya, itu suatu hal yang jadi motivasi," kata Airin di Gedung DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Menurut politikus Partai Golkar yang mendapat tiket maju di Pilkada Banten 2024 lewat PDIP itu meyakini teguran dari Megawati untuk memastikan posisi perempuan agar tangguh sebagai pemimpin dan memedulikan rakyat.

"Perempuan tetap kuat, perempuan harus turun ke lapangan. Siapa pun calon, harus turun kan, untuk memastikan apa yang terjadi di lapangan," kata Airin.

"Yang tadi Ibu sampaikan, kita harus menjaga prikemanusiaan, bagaimana kita bekerja untuk masyarakat dan turun langsung ke masyarakat, semua benar, semuanya benar," ucap Airin.

 


Daftar 6 Pasang Cagub-Cawagub yang Diusung PDIP

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (tengah) berfoto dengan enam pasang bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur usai memberikan surat rekomendasi partai di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar deklarasi dukungan untuk calon kepala daerah Pilkada 2024. Namun begitu, tidak ada pengumuman mengusung Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, Senin (26/8/2024), Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sendiri menuntaskan pengumuman enam pasangan calon kepala daerah untuk enam provinsi, tanpa menyebut Anies Baswedan atau pun Rano Karno yang digadang-gadang sebagai wakil di Pilkada Jakarta 2024.

Adapun daftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi didukung PDIP pada pengumuman gelombang ketiga ini adalah sebagai berikut:

1. Pilkada Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi

2. Pilkada Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi 

3. Pilkada Gorontalo, Hamzah Isa-Abdurrahman Abubakar Bahmid

4. Pilkada NTT, Yohanis Fransiskus Lema-Jane Natalia Suryanto 

5. Pilkada Kalimantan Utara, Andi Sulaiman-Andri Partono 

6. Pilkada Sulawesi Utara, Steven Kandouw-Alfred Denny Djoike Tuejeh.

Selain itu, baik Anies Baswedan mapun Rano Karno juga tidak tampak berada di dalam ruangan deklarasi di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Bakal Calon Pilkada Jakarta dan Pilgub Jateng KIM Plus vs PDIP. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya