Surya Paloh Sindir Petualang Politik di NasDem: Sial Benar Partai Ini

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyindir pihak yang ia sebut sebagai petualang politik. Menurutnya, pihak tersebut cuma memanfaatkan partainya untuk kepentingan politik.

oleh Tim News diperbarui 27 Agu 2024, 16:11 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 16:11 WIB
Surya Paloh
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat menyampaikan pengarahan kepada seluruh kader di Kongres III NasDem di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (25/8/2024). (Foto: Nasdem Tv).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyindir pihak yang ia sebut sebagai petualang politik. Menurutnya, pihak tersebut cuma memanfaatkan partainya untuk kepentingan politik.

"Alangkah tidak beruntungnya partai ini ketika yang kumpul di partai ini hanya sebenarnya para petualang politik yang memanfaatkan partai ini, sial benar partai ini," kata Paloh dalam pidatonya usai terpilih kembali menjadi Ketum NasDem 2024-2029 di Kongres ke-III NasDem, JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Dia mewanti-wanti kepada seluruh jajarannya untuk tidak mencoba-coba melakukan itu dibawah kepemimpinannya.

"Jangan coba-coba. Masuk partai, dapat jabatan di partai, bahkan merusak partai. Apa ini? yang sudah berlalu biarlah berlalu. Tapi tidak mulai saat ini saya memimpin kembali partai ini," ujarnya.

Paloh meminta seluruh kadernya untuk disiplin terhadap partai. Jika tidak, ia pun tak segan-segan partai yang akan mendisiplinkan mereka.

"Saudara dengan segala kerendahan hati dan permintaan maaf saya pastikan jangan coba-coba dekat dengan saya dengan karakter seperti itu," tegasnya.

"kalau saudara tidak mampu mendisiplinkan diri saudara mulai saat ini, maka partai akan mendisiplinkan diri saudara," ucap Paloh.

Sebelumnya, Majelis Tinggi Partai Nasdem dalam Kongres III Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa, menetapkan kembali Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem untuk periode masa jabatan 2024-2029.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Nasdem IGK Manila mengatakan hal tersebut diputuskan pada 26 Agustus 2024 berdasarkan rapat pleno oleh para anggota majelis tinggi partai yang telah ditandatangani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Surya Paloh Ditetapkan Kembali Jadi Ketua Umum Partai NasDem Periode 2024-2029

"Keputusan ini mulai berlaku dan mengikat sejak ditetapkan," kata Manila saat memimpin sidang pembacaan keputusan majelis tinggi dikutip dari Antara, Selasa (27/8/2024).

Selain itu, majelis tinggi partai juga menugaskan kepada Surya Paloh untuk sebagai ketua umum untuk menyusun kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem untuk periode 2024-2029.

Selanjutnya Surya Paloh diminta oleh Pimpinan Sidang Kongres III Partai Nasdem Willy Aditya untuk ke atas panggung dalam momen penyerahan mandat ketua umum secara simbolis dari majelis tinggi.

Kemudian Surya pun langsung diminta untuk berpidato menyampaikan pidato sebagai ketua umum terpilih pada kongres tersebut. Saat berpidato, dia pun mengakui bahwa banyak pihak yang sudah menduga dirinya akan kembali terpilih menjadi ketua umum.

Dia pun mengajak kepada seluruh kader partai agar membawa Nasdem sebagai partai yang penuh kepeloporan dan membawa cita-cita bangsa. Menurutnya cita-cita tersebut bisa terwujud apabila menjunjung tinggi kejujuran.

"Partai Nasdem ini sejatinya memang didirikan untuk menjaga ruang yang ada, di tengah ruang yang hampa dan kosong, cita-cita yang mulia tidak boleh kalah dengan kelompok pragmatisme," kata dia.


38 DPW Ingin Surya Paloh Pimpin NasDem

Seluruh pengurus DPW partai NasDem bersepakat agar Surya Paloh kembali jadi ketua umum periode 2024-2029. Hal ini disampaikan oleh Ketua Steering Committee (SC) Kongres ke-III Partai NasDem Willy Aditya.

"Semuanya tadi 38 DPW, bersepakat mengusulkan kembali Bapak Surya Paloh sebagai calon ketua umum," kata Willy dalam konferensi pers di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Willy menyebut, selain 38 DPW, seluruh organisasi sayap dan badan di Partai NasDem juga kompak meminta agar Surya Paloh kembali menjadi ketum. Hal ini semakin menguatkan peluang Paloh terpilih secara aklamasi di Kongres NasDem.

Meski seluruh DPW meminta aklamasi, Willy menerangkan, secara politik formal pihaknya tetap harus mengikuti mekanisme kepartaian lewat majelis tinggi. Setelahnya, Majelis Tinggi NasDem merapatkan hal itu.

"Secara aspirasi ya meminta aklamasi untuk pak Surya. Cuma kita punya mekanisme kepartaian, majelis tinggi," pungkasnya.

Saat ini Partai NasDem tengah menggelar Kongres-III. Gelaran kongres dijadwalkan pada 25-27 Agustus 2024. Apabila terpilih kembali menjadi ketum, maka Surya Paloh akan menjabat sebagai ketua umum selama tiga periode secara berturut.

Paloh pertama kali terpilih secara aklamasi dalam Kongres I NasDem pada Januari 2013. Kemudian kembali terpilih secara aklamasi di Kongres ke-II pada November 2019.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebelumnya bicara pentingnya kebersamaan untuk meyelesaikan permasalahan kehidupan bangsa. Menurutnya, permasalahan kebangsaan tak akan selesai bila hanya dengan membuat tambahan undang-undang.

Paloh menyebut, obat yang dibutuhkan untuk menyembuhkan permasalahan bangsa dengan keteladanan dan konsistensi atas ucapan serta perbuatan. Barulah, ia menyinggung perihal menyelesaikan masalah dengan mencoba untuk menyiasati undang-undang.

 

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya