Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox dan Gejala hingga Pengobatan Cacar Monyet

Kemenkes memastikan belum ditemukan kasus Mpox Clade 1b di Indonesia. Namun, Kemenkes menerapkan beberapa upaya, terutama mencegah masuknya Mpox Clade 1b.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 30 Agu 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 09:03 WIB
Banner Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Mpox varian Clade 1b saat ini memicu peningkatan kasus cacar monyet di Afrika. Bahkan, sejak Kamis pekan lalu, Clade 1b terdeteksi di Thailand. Namun, Kementerian Kesehatan atau Kemenkes memastikan belum ditemukan kasus Mpox Clade 1b di Indonesia hingga Kamis 29 Agustus 2024.

Kemenkes pun menerapkan beberapa upaya. Terutama mencegah masuknya Mpox Clade 1b ke Tanah Air.

Upaya pencegahan masuknya Mpox Clade 1b ini dikemukakan Pelaksana harian Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes Yudhi Pramono. Menurut Yudhi, Kemenkes terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap Mpox.

"Peningkatan surveilans (pengawasan) di pintu masuk negara dan wilayah, penyiapan dan perluasan kemampuan laboratorium untuk deteksi dan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS), penyiapan obat-obatan dan pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok risiko tinggi," ujar Dirjen P2P Kemenkes, Kamis 29 Agustus 2024.

Pemberian vaksin Mpox di Indonesia memang hanya ditujukan untuk kelompok berisiko tinggi. Penentuan prioritas penerima vaksin Mpox ini didasarkan pada rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pertimbangan kondisi epidemiologi di Indonesia.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Prima Yosephine menjelaskan kelompok berisiko tinggi memang menjadi target sasaran vaksinasi Mpox. Mulai dari lelaki berhubungan seks dengan lelaki (LSL), gay, dan biseksual, hingga individu yang kontak dengan penderita Mpox dalam 2 pekan terakhir.

Termasuk, petugas kesehatan yang menangani kasus cacar monyet. Prioritas vaksinasi juga diberikan kepada petugas laboratorium yang memeriksa spesimen virologi, terutama di daerah Mpox.

Bagaimana gejala, pencegahan, hingga pengobatan Mpox? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox

Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Kemenkes Tangkal Penyebaran Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Gejala, Pencegahan hingga Pengobatan Mpox

Infografis Gejala, Pencegahan hingga Pengobatan Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gejala, Pencegahan hingga Pengobatan Mpox. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya