535 Personil Satpol PP Jakarta Amankan Kunjungan Paus Fransiskus Pada 3-6 September 2024

Arifin mengimbau agar masyarakat dapat bersama-sama dengan petugas menjaga kota Jakarta tetap tertib selama kunjungan Paus Fransiskus.

oleh Winda Nelfira diperbarui 03 Sep 2024, 09:23 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 09:23 WIB
Paus Fransiskus Berangkat dari Roma ke Indonesia
Dalam kunjungannya itu, Paus dijadwalkan menghadiri sejumlah acara, mulai pertemuan dengan Presiden Jokowi, kunjungan ke Masjid Istiqlal, kegiatan di Katedral Jakarta, hingga misa di Stadion GBK. (Gregorio Borgia / POOL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 535 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, ratusan personil juga akan menjaga jalannya acara Indonesia International Sustainability Forum 2024. Mereka ditugaskan berpatroli pada jalur-jalur yang akan dilintasi Paus Fransiskus dan tamu kenegaraan tersebut.

"Kemudian pengamanan pada tempat-tempat yang nantinya akan di kunjungi. Kita tahu nantinya akan ada kegiatan di GBK, JCC, Katedral dan Masjid Istiqlal," kata Arifin dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (3/9/2024).

"Tentu kami akan hadir mengawal untuk menghadirkan Jakarta menjadi kota mempunyai kesan yang baik pada tamu-tamu negara, sesuai dengan tugas dan fungsinya jajaran Satpol PP," sambung Arifin.

Lebih lanjut, Arifin mengimbau agar masyarakat dapat bersama-sama dengan petugas menjaga kota Jakarta tetap tertib selama kunjungan Paus Fransiskus.

"Tentu sebagai tuan rumah rumah yang dikunjungi oleh tamu-tamu Negara, mari kita menghadirkan wajah-wajah yang hangat, wajah-wajah yang menyambut tamu yang baik," ujar Arifin.

Termasuk, kata Arifin ikut menjaga kawasan Jakarta yang dikunjungi tetap bersih, tertib, dan teratur. Warga juga diharapkan memperlihatkan keramahan.

"(Agar) nantinya bisa memberikan kesan yang baik, kesan yang positif pada tamu-tamu," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Paus Fransiskus Tiba Hari Ini di Indonesia, Sejumlah Jalan Akan Ditutup Sementara

Paus Fransiskus Berangkat dari Roma ke Indonesia
Selain itu, Paus Fransiskus juga dikabarkan tak akan menginap di hotel selama kunjungannya ke Jakarta, melainkan menginap di Kedutaan Besar Vatikan. (Gregorio Borgia / POOL / AFP)

Pemimpin tertinggi gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus akan tiba di Indonesia hari ini, Selasa (3/9/2024).

Adapun untuk kelancaran selama berkunjung ke Indonesia, pihak kepolisian melakukan penutupan sejumlah ruas jalan, salah satunya menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Jadi pada saat diinformasikan Paus sudah mendarat di bandara, jalur mulai dari Soekarno-Hatta, tol Sudiatmo, tol dalam kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan dubes Vatikan, kita akan lakukan clear, yaitu pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer, kita sudah lakukan clear daripada seluruh kendaraan yang ada," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman dikutip Selasa (3/9/2024).

Begitu pula saat menuju Istana Negara, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, sejumlah ruas lalu lintas di sekitarnya akan dilakukan sterilisasi.

"Di Harmoni kita akan lakukan rekayasa lalu lintas, dan juga di Tugu Tani, kita akan lakukan rekayasa lalu lintas. Dan juga di Bundaran Patung Kuda kita juga akan melakukan rekayasa lalu lintas," imbuh Latif.

Latif juga menambahkan selama kunjungan Paus Fransiskus berlangsung di lokasi yang dimaksud, rekayasa lalu lintas yang ada di sekitarnya akan bersifat situasional.

"Sehingga nanti dalam sistem pengamanannya khususnya Kamseltibcar Lantas, kita menggunakan sistem rangkaian kebesaran sehingga perlu diketahui oleh masyarakat rangkaian kebesaran ini tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh bapak Paus ini adalah clear. Jadi pada ruas jalan yang akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara," imbuh dia.


Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut kedatangan Paus Fransiskus yang akan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 dalam rangka kunjungan kenegaraan.

SM of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi lokasi penyambutan Paus Fransiskus.

Tempat itu telah ditingkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi standar internasional. Selain itu, area parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kenegaraan juga telah dipastikan keamanannya, dengan dukungan teknis dan infrastruktur terbaik.

"Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut," ujar Holik, Senin (2/9/2024).


Personil Keamanan

Holik menyampaikan, kesiapan tidak hanya terbatas pada fasilitas fisik, tapi juga mencakup personil keamanan yang bertugas. Sebanyak kurang lebih 270 personil keamanan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kunjungan Paus Fransiskus.

Personil ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," imbuh dia.

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya