Cuaca Besok Selasa 17 September 2024: Langit Siang hingga Malam di Jakarta Bakal Berawan Tebal

Pagi hari di Jakarta besok, Selasa 17 September 2024 sebagian langitnya diprakirakan cerah dan cerah berawan. Demikianlah prediksi cuaca besok.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 16 Sep 2024, 08:15 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 08:15 WIB
Jakarta cuaca panas
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di sejumlah wilayah DKI Jakarta diprediksi keseluruhannya cerah berawan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari di Jakarta besok, Selasa, 17 September 2024, sebagian langitnya diprakirakan cerah dan cerah berawan. Demikianlah prediksi cuaca besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan melalui laman resminya www.bmkg.go.id, cuaca Jakarta pada siang hingga malam hari ini diprakirakan berawan tebal, namun tak ada hujan sama sekali.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat diprediksi cuaca paginya cerah, siang berawan, dan malam hari berawan tebal.

Lalu di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat pada pagi diprakirakan cerah berawan, namun siang hingga malam berawan tebal.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten diprediksi BMKG bakal cerah berawan pada pagi hari dan siang hingga malam berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Jakarta Selatan   Cerah  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Jakarta Timur   Cerah  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Bekasi   Cerah  Berawan  Berawan Tebal
 Depok   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan   Berawan

Siaga Potensi Bencana, Stasiun Geofisika Malang Gelar Seminar Edukasi Waspada Gempa

Gempa Bumi
Gempa bumi mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Gempa yang terjadi pada Minggu (15/9/2024) pukul 16.54 WIB ini bermagnitudo 5,3. (Dok. BMKG).

Sebelumnya, Stasiun Geofisika Malang kembali mengadakan seminar edukasi bertajuk "Ancaman Megathrust dan Cara Cerdas Mitigasi Gempa Bumi" di Madrasah Aliyah Miftahul Huda, Kepanjen, Jawa Timur (Jatim).

Seminar dilaksanakan pada hari Jumat, 13 September 2024, bertempat di Gedung MAS Miftahul Huda Kepanjen. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah Shofiyulloh.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat mengedukasi siswa dalam memahami ancaman nyata di balik fenomena gempa Megathrust yang tengah marak diperbincangkan di Indonesia saat ini," ujar Shofiyulloh, dikutip Tim News Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id. 

Turut hadir Ma'muri dan Dana Ristanto dari Stasiun Geofisika Malang sebagai pembicara, seminar ini menggali lebih dalam tentang potensi ancaman Megathrust yang mengintai wilayah Indonesia.

Penyampaian yang menarik dan kaya informasi membuat para siswa tampak antusias saat menyimak setiap penjelasan, terlihat dari banyaknya pertanyaan mengenai upaya mitigasi menghadapi bencana tersebut.

"Acara berjalan dengan lancar. Semoga menjadi tambahan pengetahuan baru dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana," tegas Ma'muri, selaku Kepala Stasiun Geofisika Malang.

Adanya seminar edukasi yang semakin intensif seperti ini, diharapkan para siswa menjadi lebih siap dan tangguh dalam menghadapi ancaman gempa bumi, mewujudkan masyarakat yang sadar dan siap siaga.


Mahasiswa Universitas Indonesia Pelajari Mitigasi Bencana Cuaca, Gempa, dan Iklim di BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima kunjungan dari 60 Mahasiswa dan 1 Dosen Program Studi Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima kunjungan dari 60 Mahasiswa dan 1 Dosen Program Studi Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia. (www.bmkg.go.id)

Sementara itu, sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerima kunjungan dari 60 Mahasiswa dan 1 Dosen Program Studi Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa tentang sistem peringatan dini bencana, pengelolaan ancaman gempa dan tsunami, serta pengolahan data cuaca real time untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana terkait cuaca, gempa bumi dan tsunami serta perubahan iklim.

Selanjutnya pemaparan materi "Meteorological Early Warning System" oleh PMG Muda dari Pusat Meteorologi Publik, Hifdiyawan menjelaskan berbagai produk informasi cuaca publik yang dikelola oleh BMKG, jam operasional tim meteorologi, serta proses pengolahan data yang dilakukan hingga menghasilkan informasi cuaca yang akurat untuk masyarakat di Ruang Media Center.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang Ina-TEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System), di mana, mahasiswa mendapat penjelasan langsung mengenai sistem pemantauan dan peringatan dini tsunami, yang berperan penting dalam mitigasi bencana di Indonesia.

"Pusat Ina-TEWS ada di Jakarta. Ina-TEWS dibantu oleh 10 pusat gempa bumi regional yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Medan, Padang, Yogyakarta, Ciputat, Makassar, Manado, Kupang, Ambon, Denpasar, dan Jayapura. Dibantu juga oleh 33 Stasiun UPT Geofisika di daerah seluruh Provinsi Indonesia," ujar Petugas InaTEWS Bagus Adi Wibowo, dikutip Tim News Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id.

Kemudian rombongan menuju Ruang Climate Early Warning System (CEWS). Di ruangan ini, PMG Muda Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan, Mugni Hadi Hariadi menjelaskan bahwa CEWS memproduksi berbagai data iklim jangka panjang yang berperan penting untuk sektor-sektor vital. Produk tersebut mencakup prakiraan hujan bulanan, prakiraan awal musim, dan peringatan dini terkait iklim ekstrem.

"Prakiraan ini berperan penting dalam membantu perencanaan sektor pertanian, sektor energi, dan kesehatan, serta memantau emisi gas rumah kaca dan kualitas udara," ujar Mugni, menekankan pentingnya data iklim untuk mendukung ketahanan lingkungan dan kesiapsiagaan bencana.

Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem
Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya