Top 3 News: BPBD Jakarta Keluarkan Peringatan Dini Longsor, 10 Kecamatan Diimbau Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini longsor di sejumlah wilayah di Jakarta jelang musim hujan selama September 2024. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiPutu Merta Surya PutraAdy AnugrahadiWinda Nelfira diperbarui 16 Sep 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 08:30 WIB
Terjadi longsor dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall (SRW), atau turap pada akses keluar (off ramp) Veteran Ruas Tol JORR W2S di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Terjadi longsor dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall (SRW), atau turap pada akses keluar (off ramp) Veteran Ruas Tol JORR W2S di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini longsor di sejumlah wilayah di Jakarta jelang musim hujan selama September 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Kepala BPBD Jakarta Isnawa Adji mengatakan, ada 10 kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang masuk zona menengah rawan longsor. 10 kecamatan di ibu kota ini diimbau waspada longsor selama September 2024.

Adapun 10 kecamatan yang dimaksud rawan longsor, delapan di antaranya berada di Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan.

Sementara itu, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan tiba di St. Petersburg, Rusia pada Sabtu malam, 14 September 2024 waktu setempat.

Megawati akan melakukan sejumlah kegiatan di kota kelahiran Presiden Rusia Vladimir Putin itu. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto selepas keberangkatan Megawati, di Jakarta, Sabtu, 14 September 2024.

Hasto menuturkan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah bersama Rokhmin Dahuri, akan ikut mendampingi Ketua Umum PDIP itu. Turut juga Anggota DPR RI Herman Herry.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait polisi akan memanggil artis Nikita Mirzani untuk dimintai keterangan sebagai saksi pelapor.

Pemanggilan ini dilakukan setelah Nikita Mirzani melaporkan kasus dugaan pencabulan dan aborsi ilegal yang melibatkan mantan pacar anaknya Lolly, Vadel Badjideh. Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi.

Ade Ary menjelaskan bahwa pemeriksaan saksi dan olah TKP adalah prosedur penting untuk mengidentifikasi adanya dugaan tindak pidana dalam peristiwa yang dilaporkan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 15 September 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. BPBD Jakarta Keluarkan Peringatan Dini Longsor, 10 Kecamatan Diimbau Waspada

Turap Rumah Makan di Jagakarsa Longsor
Alat berat mengeruk beton turap saluran air yang longsor di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Kamis (17/9/2020). Selain karena hujan lebat, longsor diduga karena erosi tanah akibat pembuangan saluran air pencuci piring dan toilet dari warung makan di sekitar bantaran. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini longsor di sejumlah wilayah di Jakarta jelang musim hujan selama September 2024.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, ada 10 kecamatan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang masuk zona menengah rawan longsor. 10 kecamatan di ibu kota ini diimbau waspada longsor selama September 2024.

"Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu, 15 September 2024.

Adapun 10 kecamatan yang dimaksud, delapan di antaranya berada di Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan.

 

Selengkapnya...


2. Sekjen PDIP: Megawati Bertolak ke Rusia dan Uzbekistan, Hadiri Sejumlah Agenda

Megawati Berdialog dengan Elemen Muda
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristanto saat berdialog dengan elemen muda di DPP PDIP, Jakarta, Senin (7/1). Acara tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-46 PDI Perjuangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan tiba di St. Petersburg, Rusia pada Sabtu malam, 14 September 2024 waktu setempat. Megawati akan melakukan sejumlah kegiatan di kotai kelahiran Presiden Rusia Vladimir Putin itu.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto selepas keberangkatan Megawati, di Jakarta, Sabtu 14 September 2024.

Dia menuturkan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah bersama Rokhmin Dahuri, akan ikut mendampingi Ketua Umum PDIP itu. Turut juga Anggota DPR RI Herman Herry.

Hasto menyebutkan Megawati akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum. Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal akan melakukan agenda di kampus St. Petersburg State University.

"Ibu Megawati akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu menyampaikan kuliah umum di kampus tersebut," ujar Hasto.

 

Selengkapnya...


3. Polisi Bakal Periksa Nikita Mirzani Usai Laporkan Vadel Badjideh Terkait Dugaan Aborsi

Nikita Mirzani. (Foto: Dok. Instagram @nikitamirzanimawardi_172)
Nikita Mirzani. (Foto: Dok. Instagram @nikitamirzanimawardi_172)

Polisi akan memanggil artis Nikita Mirzani untuk dimintai keterangan sebagai saksi pelapor.

Pemanggilan ini dilakukan setelah Nikita Mirzani melaporkan kasus dugaan pencabulan dan aborsi ilegal yang melibatkan mantan pacar anaknya Lolly, Vadel Badjideh.

"Itu dijadwalkan tentunya, dimulai pelapor pastinya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Sabtu, 14 September 2024.

Ade Ary menjelaskan bahwa pemeriksaan saksi dan olah TKP adalah prosedur penting untuk mengidentifikasi adanya dugaan tindak pidana dalam peristiwa yang dilaporkan.

 

Selengkapnya...

Infografis HUT ke-51 PDIP dan Pesan Politik Megawati. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis HUT ke-51 PDIP dan Pesan Politik Megawati. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya