Kapolri: Tim Menyelematkan Kapten Philips dengan Sehat dan Selamat

Listyo memastikan penyelamatan terhadap Kapten Philips ini dilakukan petugas gabungan dengan sehat dan selamat.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 21 Sep 2024, 14:42 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 14:42 WIB
Disandera 1,5 Tahun, Pilot Susi AIr Kapten Phillip Mehrtens Dibebaskan
Tangkapan layar dari rekaman video yang diambil dan dirilis pada 21 September 2024 oleh Satuan Tugas Perdamaian Cartenz menunjukkan pilot Selandia Baru, Phillip Mehrtens (ketga kiri) yang diculik dan disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dalam sebuah konferensi pers di Timika. (Foto: Handout/Cartenz Peace Task Force/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, bebasnya Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens merupakan kerja keras seluruh tim yang bertugas serta perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Alhamdulillah, atas perintah Bapak Presiden untuk melaksanakan pembebasan terhadap penculikan pilot Selandia Baru beberapa waktu yang lalu, atas kerja keras seluruh tim yang bertugas melaksanakan operasi, hari ini tim berhasil melaksanakan tugas," kata Sigit di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Listyo memastikan penyelamatan terhadap Kapten Philips ini dilakukan petugas gabungan dengan sehat dan selamat.

"Selamat kepada seluruh anggota TNI/Polri yang tergabung dalam Ops Paro dan Damai Cartenz yang telah berhasil menyelamatkan Pilot Selandia Baru atas nama Phillip Mark yang telah diculik selama hampir 1,5 tahun dengan sehat dan selamat," ujarnya.

Dengan sudah bebasnya Kapten Philips dari sandera KKB, eks Kabareskrim Polri ini berharap agar pilot tersebut dapat segera bertemu dengan keluarganya.

"Semoga bisa segera kembali ke bertemu dengan keluarganya dan terimakasih untuk sinergitas dan soliditas TNI-Polri, Bravo TNI-Polri," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilot Susi Air Kapten Philip Menangis saat Video Call dengan Keluarga Usai Bebas dari KKB

Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens video call dengan keluarga setelah bebas dari KKB. (Dok. Satgas Damai Cartenz).
Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens video call dengan keluarga setelah bebas dari KKB. (Dok. Satgas Damai Cartenz).

Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens akhirnya berhasil bebas dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya selama 1,5 tahun. Kesempatan itu pun digunakan untuk langsung berkomunikasi dengan keluarga lewat panggilan video atau video call. 

“Pilot Philip Mark Mehrtens sangat bahagia saat melakukan video call bersama istri dan keluarganya untuk mengabarkan bahwa dia telah dibebaskan,” tutur Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Sabtu (21/9/2024).

Pembebasan Kapten Philip menjadi momen penuh haru sekaligus bahagia bagi istrinya yang saat ini berada di Bali, serta keluarga besar lainnya. Benny bersama jajaran Satgas Damai Cartenz mendampinginya saat melakukan komunikasi video call.

Ketika melihat wajah dan mendengar suara keluarganya, raut wajah Kapten Philip yang awalnya tegang perlahan berubah menjadi haru bahagia. Air matanya mengalir saat mengabarkan dirinya kini telah bebas dan aman.

Tim medis juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Kapten Philip dalam rangka memastikan kondisinya stabil.

Setelah 1,5 tahun Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga, akhirnya kini telah dibebaskan.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk membebaskan Kapten Philip. Selama ini Satgas Operasi Damai Cartenz 2024, kata dia mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" jelas Faizal.


Lakukan Pendekatan

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya membuahkan hasil, pada hari ini Sabtu (21/9/2024) Kapten Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" jelas Bayu.

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Kapten Philip dalam keadaan stabil.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Infografis 1 Tahun Pilot Susi Air Disandera KKB Papua. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 1 Tahun Pilot Susi Air Disandera KKB Papua. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya