Polisi Soal 7 Jenazah di Kali Bekasi: Mereka Terlibat Minum-Minuman Beralkohol

Polisi mengungkapkan, dari eterangan para saksi, diperoleh keterangan bahwa ada beberapa saksi yang meloncat ke Kali Bekasi dan ada beberapa yang memang tidak berani untuk meloncat,

oleh Muhammad Ali diperbarui 23 Sep 2024, 15:51 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 15:51 WIB
Jenazah di Kali Bekasi
Sebanyak tujuh jenazah ditemukan mengambang di Kali Bekasi, Minggu (22/9/2024). (Foto Basarnas).

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian mengungkapkan fakta baru terkait penemuan tujuh jenazah mengambang di Kali Bekasi, Jawa Barat. Dalam temuan itu, polisi menyebut adanya pengaruh minuman beralkohol di lokasi berkumpulnya sejumlah remaja di Jalan Cipendawa, Jatiasih, Kota Bekasi, tepatnya di sebuah bedeng di depan perusahaan semen.

Dalam penggerebekan yang dilakukan Tim Perintis Presisi, ditemukan senjata tajam di tempat tersebut.

"Diperoleh keterangan bahwa mereka terlibat dalam aktivitas minum-minuman beralkohol dan terindikasi adanya senjata tajam di lokasi itu," ujar Kompol Audy Joize Oroh, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, pada Senin (23/9/2024) yang dikutip dari Antara.

Audy menjelaskan di tempat tersebut berkumpul puluhan kendaraan roda dua dan puluhan orang juga berkumpul di tempat itu.

"Di tempat tersebut ada sekitar 30 kendaraan roda dua yang menurut informasi dari keterangan saksi-saksi, kemungkinan sekitar 60 orang dari mereka berkumpul di tempat itu," katanya.

Kemudian sekitar pukul 03.30 WIB dini hari, Tim Perintis Presisi datang ke tempat itu. Saat melihat adanya kedatangan polisi, remaja yang berkumpul di tempat tersebut, kemudian melarikan diri.

Mereka kocar-kacir mengarah ke perumahan warga dan ada juga beberapa yang mengarah ke arah Kali Bekasi.

"Jadi dari keterangan para saksi, kami memperoleh keterangan bahwa ada beberapa saksi yang meloncat ke Kali Bekasi dan ada beberapa yang memang tidak berani untuk meloncat," katanya.

Karena melihat kondisi tempat yang tidak memungkinkan dan gelap sehingga para saksi ada beberapa orang diamankan oleh Tim Perintis.

Selanjutnya Tim Perintis Presisi mengamankan 22 orang, berikut barang bukti 21 bilah senjata tajam, 30 unit sepeda motor dan 8 unit ponsel.

"Dari barang bukti ini selanjutnya akan kami proses penyelidikan lebih lanjut. Proses yang dilaksanakan dalam penyelidikan ini dilakukan dengan melakukan kolaborasi antara profesi," katanya.

"Jadi kita tidak hanya mengedepankan penyelidikan biasa, tapi mengedepankan scientific crime investigation. Jadi proses ini akan dilakukan secara akuntabel untuk mengungkap fakta-fakta yang terjadi," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diduga Sengaja Ceburkan Diri karena Hindari Patroli Polisi

Polisi mendalami penyebab kematian tujuh orang pria yang ditemukan mengambang di aliran Kali Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (22/9/2024).

Indikasinya, ketujuh orang sengaja menceburkan diri ke dalam kali menguat. Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto usai mendengarkan kesaksian seorang yang juga ikut dalam aksi tawuran.

"Menurut informasi sekilas adalah bahwa ini adalah salah satu yang menjadi kemarin malam itu yang sudah bisa diambil keterangan memang mereka menceburkan diri ke sungai, karena ada ketakutan adanya patroli polisi yang lewat atau yang menegur," ujar Karyoto kepada wartawan, Minggu (22/9/2024).

Karyoto belum dapat berbicara secara gamblang terkait dengan sebab kematian para korban. Dia beralasan, proses pemeriksaan hingga saat ini masih berjalan.

"Saya tidak bisa menyimpulkan apa-apa, belum bisa menyimpulkan apa-apa karena berbagai macam keterangan sedang kita kumpulkan," ucap dia.

Karyoto mengatakan, keterangan saksi dan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dinilai penting untuk mengungkap penyebab kematian secara terang-benderang.

"Nanti kan ada saksi-saksi beberapa orang yang tahu, bagaimana kejadiannya dirunut motornya, motor siapa yang jelas anak-anak ini bukan warga di sekitar rumah sini," jelas dia.

Infografis tingkat kriminalitas indonesia
Aksi penganiayaan terus bertambah (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya