Percepatan MBKM Farmasi, ObatApps Gandeng Pemerintah dan Asosiasi

Tantangan Kampus Farmasi hari ini adalah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

oleh Tim News diperbarui 25 Sep 2024, 19:09 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 18:03 WIB
Menjelang peringatan World Pharmacist Day, telah dilaksanakan kegiatan "Opening OBATApps SkillFest #2 2024”, Sabtu (21/9/2024) (Istimewa)
Menjelang peringatan World Pharmacist Day, telah dilaksanakan kegiatan "Opening OBATApps SkillFest #2 2024”, Sabtu (21/9/2024) (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peringatan World Pharmacist Day, telah dilaksanakan kegiatan "Opening OBATApps SkillFest #2 2024”, Sabtu (21/9/2024). Acara ini mengangkat tema yang selaras dengan WPD tahun ini, yaitu “Advance Global Health by Preparing The Best Human Resources”.

Acara ini dihadiri oleh 200+ Pimpinan Kampus Farmasi, 500+Mahasiswa dan Praktisi Farmasis di Indonesia. Kegiatan ini dibuka pukul 09.00 WIB oleh Ketua APDFI, Ketua APTFI, Ketua Kolegium Ilmu Farmasi, Ketua Organisasi Profesi Apoteker, dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI.

Marketing Manager PT Obat Inovasi Damas Raja menyampaikan bahwa aplikasi OBATApps telah berdiri selama 6 tahun, membersamai 350.000+ pelajar SMK, Mahasiswa Farmasi dari D3, S1, hingga Apoteker, serta para praktisi Farmasi dari Tenaga Vokasi dan Apoteker.

"Secara ekosistem bisnis, OBATApps telah bekerjasama dengan 100+ Kampus Farmasi di Indonesia, guna peningkatan Akreditasi, Pemenuhan Poin IKU, dan Aktualisasi MBKM," ucapnya.

"Di kesempatan WPD tahun 2024 ini, OBATApps akan melanjutkan komitmen dalam mendukung Ekosistem Pendidikan Kefarmasian Indonesia melalui dukungan Pembelajaran Mahasiswa, Manajemen Pengelolaan Kampus, Optimalisasi Jaringan Industri Farmasi, dan Peningkatan Kualitas Kampus Hingga Tingkat Internasional," ucap Saiful Robbani selaku Co-Founder Farmaklik Group Indonesia.

Sementara Noffenderi Roestam selaku Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) turut menyampaikan pentingnya kolaborasi antar elemen kefarmasian untuk memajukan Kualitas Apoteker di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia, yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Apt. Yandi Syukri, M.Si (Ketua Umum APTFI) dan Dra. apt. Yusmaniar M.Biomed (Ketua Umum APDFI) menyampaikan tantangan Kampus Farmasi hari ini adalah Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan OBATApps hadir sebagai solusi bagi aktualisasi program MBKM.

 


Apresiasi

Acara ini ditutup dengan arahan dari Ketua Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia (KIFI), Prof. Dr. apt. Keri Lestari M.Si, yang sekaligus Guru Besar UNPAD. Beliau turut menyampaikan apresiasi atas Inovasi OBATApps, juga mendorong persiapan pembukaan Apoteker Spesialis.

OBATApps dapat menjadi ruang pelatihan sebelum melanjutkan studi di tingkat Spesialis dan Sub Spesialis. Ia sangat optimis bahwa Profesi Apoteker akan menjadi salah satu Profesi yang berkembang pesat kedepan untuk bisa berperan bagi bangsa dan negara.

Aktualisasi dari Program Opening OBATApps Skillfest #2 ini adalah pelaksanaan program Mobility (Pertukaran Pelajar), National Competition and International Competition yang dapat diikuti oleh kampus farmasi di seluruh Indonesia.

Infografis 5 Destinasi Wisata Super Prioritas
Pemerintah telah menetapkan 5 Destinasi Super Prioritas, antara lain Borobudur, Likupang, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo. (Dok: Tim Grafis/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya