Alasan Andrew Andika Konsumsi Sabu

Polisi mengungkapkan alasan artis Andrew Andika mengonsumsi narkoba jenis sabu. Ternyata, salah satunya karena faktor masalah rumah tangga dengan Tengku Dewi.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 01 Okt 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 16:10 WIB
Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Teuku Arsya Khadafi saat konferensi pers terkait kasus narkoba dengan tersangka artis Andrew Andika, Selasa (1/10/2024). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Teuku Arsya Khadafi saat konferensi pers terkait kasus narkoba dengan tersangka artis Andrew Andika, Selasa (1/10/2024). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Polisi mengungkapkan alasan artis Andrew Andika mengonsumsi narkoba jenis sabu. Ternyata, salah satunya karena faktor masalah rumah tangga dengan Tengku Dewi.

"Hal itu disampaikan Andrew Andika saat menjalani pemeriksaan. Baru baru saja dan kemudian itu menjadi salah satu alasannya," kata Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Teuku Arsya Khadafi saat konferensi pers, Selasa (1/10/2024).

Sebelumnya, artis Andrew Andika tersandung kasus narkoba. Dia ditangkap bersama lima orang lainnya, dua di antaranya adalah perempuan berinisial VA (30) dan BL (23).

"Satresnarkaroba Polres Metro Jakarta Barat mengamankan enam orang terkait penyalahgunaan narkoba orang yaitu Andrew Andika alias AA (36), VA (30) YF (31), FZ (30), AK (31) dan BL (23).

Mereka diamankan di dua tempat di sebuah rumah kawasan Bogor, Jawa Barat dan kamar hotel kawasan Jakarta Selatan pada Kamis 26 September 2024," kata Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Teuku Arsya Khadafi saat konferensi pers, Selasa (1/10/2024).

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Chandra Mata Rohansyah menceritakan kronologi secara singkat. Berawal dari ajakan Andrew ke rekan wanitanya VA untuk menyaksikan sebuah konser di kawasan Jakarta Selatan.

Kebetulan saat itu, VA bersama BL, YF, AK dan FZ sedang berada di sebuah hotel bilangan Jakarta Selatan. Andrew bersama-sama kelima orang lainnya menuju ke tempat konser.

Sepulang dari konser, mereka melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat di Jakarta Barat. Di situlah Andrew dan lima orang lain menggelar pesta narkoba jenis sabu.

"Mereka pesta narkoba di Jakarta Barat. Di mana salah satu temannya FA itu sudah membawa narkobanya dari hotel di daerah Jakarta Selatan tersebut," ucap Chandra.

Chandra mengatakan, kepolisian mendapatkan informasi dari masyarakat terkait hal ini. Ketika itu, dilakukan penyelidikan lanjutan. Alhasil, artis FTV itu pun diamankan di kediamannya kawasan Bogor.

Chandra mengatakan, kepolisian lalu mengembangkan ke pelaku lain. Total, ada lima orang lainnya yang diamankan di sebuah hotel di Jakarta Selatan.

"Waktu penangkapan AA tidak sedang menggunakan narkoba namun terhadap yang 5 orang yang dilakukan penangkapan tersebut mereka sedang melakukan pesta narkoba," ujar Chandra.

Dalam penangkapan, polisi turut menyita 1 plastik klip kecil yang berisikan bekas kemasan narkotika jenis sabu, alat hisap sabu atau bong dan pipet kaca yang berisikan residu narkotika jenis sabu seberat 1,77 gram.

Andrew Andika ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan lima rekan lainnya berinisial VA (30), YF (26) AK (31), RZ (30), dan BL (23).

Atas perbuatannya, mereka dikenakan pasal Pasal 127 ayat (1) Huruf (a) Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tengku Dewi Makin Mantap Cerai Usai Andrew Andika Ditangkap Kasus Narkoba

[Fimela] Andrew Andika dan Tengku Dewi Putri
Andrew Andika dan Tengku Dewi Putri (Instagram/tengkudewiputri_tdp)

Aktor sinetron dan FTV, Andrew Andika, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Saat ini Andrew Andika masih menjalani pemeriksaan dan penahanan di Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. 

Penangkapan Andrew terjadi di sebuah rumah di Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (26/9/2024) subuh. Kasus ini semakin memperkuat keputusan Tengku Dewi, istri Andrew, untuk melanjutkan proses perceraian yang telah diajukan sebelumnya.

Sebelumnya, Tengku Dewi telah menggugat cerai Andrew Andika dengan alasan dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh Andrew Andika dengan beberapa perempuan. Gugatan tersebut sudah terdaftar di Pengadilan Agama, namun penangkapan Andrew semakin meyakinkan Dewi untuk mengakhiri pernikahan mereka.

"Tengku Dewi tidak mengurungkan niat untuk bercerai dari Andrew Andika," ungkap Minola Sebayang, pengacara Tengku Dewi, pada Senin (30/9/2024), dilansir ShowBiz Liputan6.com.

Minola menambahkan bahwa Tengku Dewi telah meminta dirinya untuk kembali menyiapkan berkas gugatan cerai yang akan segera diajukan kembali ke Pengadilan Agama Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Keputusan Dewi untuk berpisah dengan artis FTV itu sudah bulat. "Gugatan cerai terhadap Andrew Andika tetap dilanjutkan," tegas Minola.

Meski kini berada dalam tahanan dan siap bertanggung jawab atas kasus hukum yang dihadapinya, Andrew Andika masih berkomitmen untuk menafkahi anak-anaknya. 

"Jika cerai, Andrew tetap bertanggung jawab dan akan terus membiayai kebutuhan hidup anak-anaknya," jelas Minola.

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba
Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya