Jadi Calon Kuat Ketua MPR, Muzani: Hubungan Saya dengan Parpol di Senayan Bagus Sekali

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani enggan bicara soal kans dirinya menduduki kursi Ketua MPR. Namun dia menegaskan memiliki hubungan baik dengan parpol-parpol di Senayan, termasuk dengan kelompok DPD.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 02 Okt 2024, 14:04 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 14:03 WIB
Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani (Istimewa)
Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra resmi menugaskan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menjadi pimpinan MPR RI. Menanggapi hal tersebut, Muzani mengaku masih menunggu keputusan resmi di rapat paripurna penetapan pimpinan MPR RI

"Rapat konsultasi itu nanti malam akan dilakukan rapat paripurna. Tunggulah nanti rapat konsultasi itu siapa nama yang akan muncul," ujar Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Muzani enggan bicara soal kans ia menduduki kursi Ketua MPR. Ia meminta semua pihak menunggu.

"Tunggu semua sudah berproses sehingga semuanya berjalan sesuai dengan mekanisme yang berjalan. Saya tidak mau nggege mongso, tidak mau buru-buru siapa yang diusulkan fraksi-fraksi untuk menjadi pimpinan termasuk ketua MPR," ujar Muzani.

Meski demikian, Muzani mengklaim memiliki hubungan baik dengan seluruh anggota DPR dan DPD, sehingga menurutnya tak akan ada hambatan jika kembali menjadi pimpinan MPR.

"Hubungan saya dengan teman-teman partai politik di Senayan bagus sekali, enggak ada hambatan, enggak ada masalah, termasuk dengan teman-teman kelompok DPD. Hubungan kami berjalan baik, lancar, dan temen-temen parpol dan DPD adalah sahabat kami, sahabat saya," kata Ahmad Muzani memungkasi.

 


Gerindra Tugaskan Muzani Jadi Pimpinan MPR

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menerima penghargaan Dharma Pertahanan Utama dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Senin 9 Oktober 2023. (Foto: Dokumentasi Gerindra).

Sebelumnya Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa partainya memberikan penugasan kepada Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani untuk maju menjadi calon Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa pak Ahmad Muzani akan maju sebagi calon Ketua MPR RI," kata Dasco saat diwawancarai usai pelantikan anggota DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Kendati demikian, penetapan jabatan pimpinan MPR RI termasuk dengan posisi Ketua belum ditetapkan hingga saat ini. Dalam prosesnya, penetapan ketua MPR RI harus ditempuh terlebih dahulu melalui rapat konsultasi pimpinan sementara MPR RI.

 


Said PDIP Sebut Muzani Akan Jadi Ketua MPR

Said Abdullah Beberkan 3 Sikap PDIP Usai Presiden Reshuffle Yasonna dan Arifin dari Posisi Menteri
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian, Said Abdullah

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyatakan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani akan terpilih menjadi Ketua MPR periode 2024-2029.

“Yang saya tahu Pak Muzani Ketua MPR. Insya Allah karena bagaimanapun Presiden terpilih punya ketua MPR itu wajar-wajar saja,” kata Said sebelum Pelantikan anggota DPR, Selasa (1/10/2024).

Sementara perwakilan dari PDIP di pimpinan MPR, Said mengaku belum mengetahuinya. “Dari PDIP belum ada surat dari DPP,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani membenarkan informasi bahwa dirinya akan kembali memimpin DPR RI untuk periode 2024-2029.

“Amin, insya allah,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Puan mengaku siap untuk kembali menjadi Ketua Parlemen dan menyebut hal itu memang sudah diputuskan partai.  “Insya Allah,” pungkasnya.

Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Infografis Komposisi Anggota DPR, DPD, dan MPR Periode 2024-2029 yang Baru Dilantik
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya