Punya Potensi Wisata, Jokowi Ingin Alor Seperti Bali dan Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku kagum dengan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 03 Okt 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 21:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Gala Dinner KTT Indonesia-Africa Forum II di The Intercontinental Bali, Minggu (1/9/2024) malam.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Gala Dinner KTT Indonesia-Africa Forum II di The Intercontinental Bali, Minggu (1/9/2024) malam. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku kagum dengan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut dia, Alor memiliki kekayaan dan keindahan laut yang harus dikelola dengan baik agar dapat menjadi tujuan wisata.

Dia pun meminta Bupati Alor dan Gubernur NTT menyiapkan desain untuk memaksimalkan potensi wisata di Kabupaten Alor. Jokowi ingin Alor dapat dilirik wisatawan seperti Bali dan Labuan Bajo.

"Ini adalah kabupaten dan pulau yang sangat indah, kekayaan lautnya luar biasa. Saya kira, jika Pak Bupati dan Pak Gubernur bisa menyiapkan sebuah master plan, menyiapkan desain agar di Alor ini bisa dilirik oleh para wisatawan yang sebanyak-banyaknya, seperti Bali, seperti Labuan Bajo," jelas Jokowi saat mengunjungi Kabupaten Alor, Kamis (3/10/2024).

"Saya kira disini memiliki kekuatan itu, memiliki peluang itu, memiliki potensi itu," sambungnya.

Dalam kunjungan ke Alor, Jokowi juga meninjau sejumlah ruang kelas dan fasilitas praktek yang ada di SMK Negeri 1 Kalabahi.

Dia mengecek berbagai jurusan yang ada di SMK, seperti teknik komputer dan jaringan, serta kapal niaga.

"Saya melihat siswa diajak untuk aktif, kayak tadi yang berkaitan dengan komputer jaringan semuanya dijadikan pelajaran praktek secara baik. Di jurusan kapal niaga juga sama, ada sebuah ruang praktik yang sangat baik," tuturnya.

Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk membantu jika ada kekurangan yang perlu diperbaiki di SMK Negeri 1 Kalabahi.

"Untuk hal-hal yang berkaitan dengan kekurangan, ruang praktek nanti sedikit kita bantu," ucap Jokowi.


Jokowi Akan Tinjau Pasar dan Sekolah di Kabupaten Alor NTT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja (kunker) hari ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan berkunjung ke Kabupaten Alor, Kamis (3/10/2024). Dia diagendakan meninjau harga bahan pokok di pasar dan fasilitas pendidikan di sekolah.

Jokowi bertolak dari Bandara Lede Kalumbang, Kabupaten Sumba Barat Daya, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 sekitar pukul 08.00 WITA. Setibanya di Bandar Udara Mali, Kabupaten Alor, Jokowi akan langsung menuju Pasar Rakyat LIPA Kalabahi.

Di sana, dia direncanakan meninjau harga dan ketersediaan sejumlah bahan pokok. Setelahnya, Jokowi akan berkunjung ke SMK Negeri 1 Kalabahi untuk meninjau fasilitas pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

"Usai peninjauan, Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.


Sapa Masyarakat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa masyarakat di Pasar Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (2/10/2024). Jokowi meminta maaf kepada masyarakat apabila selama 10 tahun menjabat sebagai presiden ada kesalahan dan kebijakan yang kurang berkenan.

"Saya adalah manusia biasa yang penuh dengan kesalahan, yang penuh dengan kekurangan, yang penuh dengan kekhilafan," kata Jokowi di hadapan masyarakat sambil menggunakan megaphone saat mengunjungi Pasar Kefamenanu, Rabu.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan, atas segala kebijakan yang mungkin kurang berkenan di hati bapak/ibu sekalian," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya