Penyebab Kepadatan Penumpang di Stasiun Manggarai Hari Ini

Viral di media sosial terjadi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). Polisi turun tangan melakukan pengecekan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 05 Okt 2024, 16:45 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 16:45 WIB
Kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). (Foto: Polsek Tebet)
Kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). (Foto: Polsek Tebet)

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial terjadi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). Polisi turun tangan melakukan pengecekan.

"Piket Intelkam Polsek Tebet bersama Piket Samapta Patko Polsek Tebet menuju lokasi Stasiun Manggarai untuk mengecek kebenaran berita viral tersebut," kata Kapolsek Tebet Kompol Murodih dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/10/2024).

Terkait hal ini, Murodih mengatakan, pihaknya meminta keterangan salah seorang sekuriti stasiun berinisial R (38). Kepada polisi, R menyampaikan, kepadatan terjadi pada pukul 10.00 WIB. Dia menyebut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang.

"Pertama, Stasiun Manggarai merupakan stasiun utama untuk transit penumpang KRL. Kedua, harga tiket perjalanan KRL dan semua transportasi umum di Jakarta untuk hari Sabtu, 5 Oktober 2024 dikenakan biaya 1 rupiah dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79. Ketiga, antusias masyarakat yang tinggi ingin menonton pertunjukan dan konser di Monas dalam rangka HUT TNI ke-79 di Tugu Monas Jakpus," kata jelas Murodih.

Murodih mengatakan pihak pengamanan Stasiun Manggarai kemudian mengurai penumpang KRL tersebut. Upaya itu membuahkan hasil.

"Pada pukul 11.30 kepadatan penumpang KRL sudah dapat diuraikan dan tidak ada kerugian materi dan tidak ada korban luka. Situasi Stasiun Manggarai menjadi normal kembali," ucap dia.

Sementara itu, pihak pengamanan Stasiun Manggarai menempatkan petugas pengamanan di hall lantai 2 Stasiun Manggarai guna mengantisipasi kejadian serupa pada saat arus balik penumpang KRL di sore hari.

"Untuk antisipasi hal hal yang tidak diinginkan," ucap Murodih.


Penumpang Membeludak di Stasiun Manggarai, Ini Penjelasan KAI Commuter

Kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). (Foto: Polsek Tebet)
Kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2024). (Foto: Polsek Tebet)

Kepadatan penumpang dibenarkan VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus. Dia mengakui terjadi lonjakan penumpang pada pukul 09:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB.

"Ya sempat terjadi kepadatan pengguna Commuter Line," kata Joni saat dihubungi, Sabtu (5/10/2024).

Joni menyebut sebagian besar penumpang hendak menyaksikan Upacara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

"Betul, antusiasme masyarakat terkait puncak acara HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monas," ucap Joni.

Kini, kata Joni, situasi telah berangsur kondusif. "Penumpang mulai terurai," ucap dia.

Joni mengatakan, KAI Commuter telah melakukan berbagai langkah guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Selain melakukan penambahan personel pengamanan di area stasiun, KAI Commuter juga melakukan pengaturan pola operasi perjalanan Commuter Line mengikuti situasi di lintas.

"Untuk tetap dapat melayani pengguna dengan aman dan nyaman, KAI Commuter melakukan penambahan 4 perjalanan Commuter Line tambahan untuk relasi Manggarai-Jakarta Kota PP, sebagai antisipasi untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Manggarai," ujar Joni.

Di stasiun transit tersebut, pengelola Commuter Line juga menambah jumlah personel pengamanan dari internal dan unsur TNI untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Selain itu, petugas di Stasiun Manggarai juga akan melakukan penyekatan di hall stasiun untuk pembatasan kepadatan di peron Stasiun Manggarai. Ini harus dilakukan untuk keamanan dan keselamatan pengguna Commuter Line," Joni menambahkan.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya