Seskab Kini di Bawah Mensesneg, Mayor Teddy Tidak Perlu Mundur dari TNI

Menurut Dacso, dikarenakan Sekretaris Kabinet di bawah Kementerian Setneg, maka status Mayor Teddy sebagai anggota TNI tidak perlu dipermasalahkan.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 21 Okt 2024, 13:05 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 13:05 WIB
Potret Mayor Teddy bersama Prabowo Subianto
Potret Mayor Teddy bersama Prabowo Subianto (Sumber: Instagram/tedskygallery)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan kini ada perubahan dalam kabinet merah putih yang dibentuk Prabowo Subianto. Ia menyebut posisi Sekretaris Kabinet (Seskab) yang dijabat Mayor Teddy Indra Wijaya kini berada di bawah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Bahwa struktur dan bagan organisasi sudah ada perubahan, sehingga tidak ada men Seskab tetapi digabung di bawah mensesneg,” kata Dasco pada wartawan, Senin (21/10/2024).

Menurut Dacso, lantaran di bawah Setneg, maka bisa diisi TNI. "Sama seperti jabatan-jabatan yang boleh diisi oleh perwira TNI atau Polri seperti Sekmil, Sekspri, yang batasannya adalah paling tinggi setara Esolon 2 atau kalau di TNI-Polri paling tinggi setara Brigjen," kata dia.

Menurut Dasco, adanya perubahan nomenklatur kementerian maka Teddy tak perlu keluar dari TNI.

"Dengan perubahan nomenklatur ini dapat diisi oleh Saudara Teddy tanpa harus pensiun dari TNI karena bukan setinggat Menteri,” pungkasnya.

"Untuk Sekretaris Kabinet sekarang ini struktur dan komposisinya berubah. Sekretaris Kabinet itu ada sekarang di bawah Mensesneg, jadi bukan setingkat menteri," kata Dasco kepada wartawan, Senin (21/10/2024).

Dasco mengatakan hal itu telah diatur dalam Perpres. Dengan begitu, Mayor Teddy tidak perlu pensiun dari TNI.

"Dalam Perpres disebutkan bahwa setinggi-tingginya eselon dua atau setinggi-tingginya berpangkat brigadir jenderal," kata Dasco.

"Sehingga dalam jabatan tersebut, yang sama dengan yang di Istana yang diisi juga oleh TNI atau polisi, Mayor Teddy tidak perlu pensiun," lanjutnya.

Sebagai informasi, Seskab pada Pemerintahan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) berposisi setara dengan menteri.

Jabatan Seskab di era Jokowi dijabat oleh Pramono Anung yang merupakan politikus senior PDIP.

Prabowo Tunjuk Mayor Teddy Jadi Seskab

Usai Dilantik, Para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Merah Putih Berfoto Bersama
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto (tengah depan) bersama dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan para menteri Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Merah Putih. Pengumuman terhadap sosok yang akrab disapa Mayor Teddy itu disampaikan Presiden Prabowo bersamaan dengan nama-nama menteri dan wakil menteri lainnya di Istana Negara Jakarta, Minggu malam (21/10/2024).

Peran Mayor Teddy sebagai ajudan Prabowo Subianto menarik perhatian banyak orang, khususnya kaum hawa, karena parasnya yang menawan.

Teddy Indra Wijaya alias Mayor Teddy lahir pada tanggal 14 April 1989 di Manado. Kedua orang tuanya merupakan tantara yakni Kolonel Inf. (Purn) Giyono dan Mayor Caj (K) Patris R.A. Rumbayan.

Teddy menyelesaikan pendidikan tinggi di SMA Taruna Nusantara sebelum meneruskan studinya di Akademi Militer (Akmil), di mana dia lulus pada tahun 2011. Mayor Teddy juga sempat mengikuti berbagai kursus militer spesialis di Kopassus.

Dia mengikuti pelatihan di Ranger School di Amerika Serikat, sebuah program bergengsi dari Angkatan Darat AS yang bertujuan untuk melatih lulusan US Army Ranger untuk Resimen Ranger ke-75.

Sempat Jadi Ajudan Prabowo

Potret Mayor Teddy (Sumber: Instagram/tedskygallery)
Potret Mayor Teddy (Sumber: Instagram/tedskygallery)

Pada pangkat Kapten, dia meraih tab ranger, menunjukkan keunggulannya dalam memenuhi syarat sebagai pasukan elit dari Angkatan Darat AS.

Selama di Ranger School, Mayor Teddy bergabung dengan 412 siswa dari Angkatan Darat AS dan 6 siswa internasional dari berbagai negara termasuk Ukraina, Arab Saudi, Jerman, Belanda, Kanada, dan Indonesia.

Mayor Teddy menjadi pendamping setia Prabowo. Bahkan dia dianggap layaknya anggota keluarga oleh Prabowo.

Sebelum menjadi ajudan Prabowo, Mayor Teddy lebih dulu sebagai asisten ajudan Presiden Jokowi. Sebagai ajudan Presiden Jokowi, ia bertugas selama periode awal kepemimpinan Jokowi dari tahun 2014 sampai 2019.

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya