5 Fakta Retreat Hari Pertama Menteri dan Wamen Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang

Anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengikuti retreat hari pertama di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini, Jumat (25/10/2024).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 25 Okt 2024, 21:36 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 21:21 WIB
Presiden Prabowo Subianto bersama Para Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil, Magelang.
Presiden Prabowo Subianto bersama Para Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengikuti retreat hari pertama di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini, Jumat (25/10/2024).

Di hari pertama retreat di Akmil Magelang, para anggota Kabinet Merah Putih berolahraga dan mengikuti latihan baris berbaris.

"Baru saja selesai olahraga dan latihan dasar pelatihan baris berbaris. 6 gerakan dasar saja, yang biasa dilakukan di kementerian bila upacara," kata Menteri Lingkungan Hidup Raja Juli Antoni kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Menurut dia, para anggota kabinet memakai seragam Komponen Cadangan (Komcad). Raja Juli mengatakan, baju itu memiliki motif loreng-loreng dan bertuliskan nama masing-masing menteri di sebelah kanan.

Kemudian, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka pun turut menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih. Keduanya juga mengikuti kegiatan retreat bersama anggota kabinet, seperti olahraga dan latihan baris-berbaris.

"Presiden dan Wapres ikut seluruh kegiatan, olahraga dan baris-berbaris. Bahkan presiden hadir di lokasi pertama, paling dulu," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arga.

Bima Arya pun mengaku mendengar suara trompet saat pukul 04.00 WIB. Dia pun sontak terbangun saat mendengar bunyi terompet. Beberapa anggota Kabinet Merah Putih pun melakukan salat subuh berjamaah sebelum memulai kegiatan retreat, sementara pejabat lainnya menuju lapangan untuk latihan baris-berbaris.

"Yang lain jam 5 langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi. Ada suara terompet sepertinya, sebagian salat subuh berjamaah," kata Bima Arya.

Berikut sederet fakta hari pertama para menteri dan wamen Kabinet Merah Putih ikut retreat hari pertama di Akmil Magelang dihimpun Tim News Liputan6.com:

 

1. Ikut Latihan Berbaris Hari Pertama

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat. (Dok: PCO)
Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat. (Dok: PCO)

Anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengikuti retreat hari pertama di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Para anggota kabinet berolahraga dan mengikuti latihan baris berbaris.

"Baru saja selesai olahraga dan latihan dasar pelatihan baris berbaris. 6 gerakan dasar saja, yang biasa dilakukan di kementerian bila upacara," kata Menteri Lingkungan Hidup Raja Juli Antoni kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Menurut dia, para anggota kabinet memakai seragam Komponen Cadangan (Komcad). Baju itu memiliki motif loreng-loreng dan bertuliskan nama masing-masing menteri di sebelah kanan.

"Iya, pakai baju Komcad (Komando Cadangan)," ujarnya.

Usai berolahraga dan latihan berbaris, anggota kabinet sarapan dan bersih-bersih. Setelah itu, mereka akan mengikuti agenda retreat berikutnya.

"Sekarang lagi bersih-bersih, sarapan lalu masuk ke sesi," ucap Raja Juli.

 

2. Pakai Seragam Komcad

Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang.
Para Menteri Kabinet Merah Putih saat mengikuti Retreat di Akmil, Magelang. (Dok. PCO)

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka menghadiri retreat hari pertama Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Keduanya juga mengikuti kegiatan retreat bersama anggota kabinet, seperti olahraga dan latihan baris-berbaris.

"Presiden dan Wapres ikut seluruh kegiatan, olahraga dan baris-berbaris. Bahkan presiden hadir di lokasi pertama, paling dulu," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arga kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Para anggota Kabinet Merah Putih tampak memakai seragam Komponen Cadangan (Komcad), dengan motif loreng-loreng. Prabowo-Gibran pun ikut memakai seragam Komcad, seperti para anggota kabinet.

Adapun Retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang memikiki tema 'Satu Visi Langsung Aksi'. Retreat yang dilakukan selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2024 ini diikuti oleh para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga staf khusus presiden.

 

3. Dibangunkan Pakai Terompet

Presiden Prabowo Subianto dan anggota Kabinet Merah Putih tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Warga antusias menyambut Presiden dan para pembantunya. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)
Presiden Prabowo Subianto dan anggota Kabinet Merah Putih tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024). Warga antusias menyambut Presiden dan para pembantunya. (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Kemudian, Bima Arya mengatakan mendengar suara terompet saat pukul 04.00 WIB. Dia pun sontak terbangun saat mendengar bunyi terompet.

Beberapa anggota Kabinet Merah Putih pun melakukan salat subuh berjamaah sebelum memulai kegiatan retreat, sementara pejabat lainnya menuju lapangan untuk latihan baris-berbaris.

"Yang lain jam 5 langsung bergerak ke lapangan untuk senam pagi. Ada suara terompet sepertinya, sebagian salat subuh berjamaah," kata Bima Arya.

Wakil Menteri Tenaga Kerja Immanoel Ebenezer mengatakan bunyi trompet tersebut merupakan tradisi di Akmil, di mana dibunyikan di jam-jam tertentu, termasuk saat pukul 04.00 WIB.

"Iya. Jadi ada tradisi trompet. Itu tradisi di sini katanya di Akmil," ujar Noel.

 

4. Sebut Tidak Ada Suasana Militeristik

Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) pukul 17.34 WIB. Para anggota kabinet juga sudah tiba dan siap mengikuti Retreat Kabinet Merah Putih, Satu Visi Langsung Aksi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Presiden Prabowo Subianto tiba di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024) pukul 17.34 WIB. Para anggota kabinet juga sudah tiba dan siap mengikuti Retreat Kabinet Merah Putih, Satu Visi Langsung Aksi. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Menteri Pendidikan Dasar dam Menengah Abdul Mu'ti mengatakan suasana retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang sangat akrab dan santai. Dia menyebut tak ada suasana militeristik selama pelaksanaan retreat.

"Alhamdulillah acara retret berlangsung dalam suasana yang akrab dan santai. Tidak ada suasana militeristik," kata Abdul Mu'ti kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Dia mengatakan para anggota kabinet melaksanakan salat Jumat dalam kawasan retret. Imam dan Khatib dari takmir Akmil.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi yang menyebut suasana retret penuh keakraban. Para anggota kabinet juga saling mendekatkan diri untuk sinergitas program pemerintah.

"Suasananya penuh keakraban, saling mendekatkan diri sehingga nanti akan terjadi sinergitas program dan menghilangkan tumpang-tindih partai," jelasnya.

Menurut dia, retret atau pembekalan kabinet Merah Putih ini bertujuan untuk membangun team work di kabinet. Politisi PAN itu menyebut retreat ini menjadi momentum untuk menyamakan komitmen agar tak melakukan korupsi.

"Dan juga menyamakan komitmen untuk pencegahan korupsi dan bagaimana cara membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan kuat," tutur Viva Yoga.

 

5. Sempat Ada Momen Hujan-hujanan

Presiden Prabowo Subianto memimpin Upacara Parade Senja di Lapangan Pancasila, Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).
Presiden Prabowo Subianto memimpin Upacara Parade Senja di Lapangan Pancasila, Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Foto: tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka melaksanakan inspeksi pasukan dalam Parade Senja di Lapangan Pancasila, Akmil, Magelang, Jawa Tengah pada Jumat sore, meskipun hujan deras mengguyur area tersebut.

Dikutip dari Antara, Jumat (25/10/2024), acara dimulai dengan inspeksi pasukan, di mana Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran didampingi sejumlah Menteri Koordinator Kabinet Merah Putih menggunakan kendaraan taktis Maung Pindad. Mereka menaiki empat unit mobil taktis untuk berkeliling mengecek kesiapan pasukan.

Mobil pertama ditempati oleh Presiden Prabowo, didampingi Kapolri Listyo Sigit, Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, dan Panglima TNI Agus Subianto.

Wakil Presiden Gibran berada di kendaraan kedua bersama beberapa menteri koordinator, sementara Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Budi Gunawan berada di kendaraan ketiga. Urutan terakhir diisi oleh kendaraan yang membawa Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Konvoi kendaraan Maung ini dimulai dari depan Gedung Graha Utama, kantor Gubernur Akmil, dan berlanjut ke barisan depan pasukan.

Presiden Prabowo, yang berdiri di atas kendaraan dengan atap terbuka, melintasi barisan pasukan taruna dari berbagai unsur TNI dan Polri, termasuk Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, serta Polri.

Setelah inspeksi, kendaraan Maung mengantarkan Presiden Prabowo kembali ke podium untuk memimpin prosesi mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan bangsa.

"Marilah kita mengenang arwah dan jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan, kedaulatan, dan kehormatan bangsa Indonesia. Mengheningkan cipta dimulai," ucapnya dengan penuh khidmat.

Parade ini berlangsung di tengah hujan yang mengguyur Lapangan Pancasila, tempat sekitar 1.200 taruna berkumpul sejak usai azan Maghrib. Meskipun hujan, semangat dan kehormatan acara tetap terjaga, mencerminkan penghargaan yang tinggi kepada para pahlawan serta kesiapan para taruna.

Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 48 Menteri dan 5 Pejabat Kabinet Merah Putih. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya