[VIDEO] Jelajah Kuliner Pecel Madiun dan Bebek Gorek Taman Mini

Pecel Madiun, Soto Kudus yang legendaris hingga bebek goreng Terowongan Taman Mini bisa jadi kuliner favorit untuk akhir pekan Anda.

oleh Liputan6 diperbarui 29 Jun 2013, 14:52 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2013, 14:52 WIB
kuliner-130629b.jpg

Musim liburan telah tiba. Bagi Anda yang berkunjung ke Jakarta atau warga Ibukota yang merindukan masakah khas Jawa Timur seperti Pecel Madiun atau pun khas Jawa Tengah, Soto Kudus yang legendaris tak perlu pergi jauh.

Anda bisa menikmati wisata kuliner khas Jawa itu di rumah makan sederhana di daerah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Timur.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (29/6/2013), dengan ditemani alunan musik petik Siteran, suasana rumah makan di dekat terowongan TMII itu seperti berada di Madiun. Selain itu, air minum dari kendi tanah liat juga tersedia.

Meski sederhana, rumah makan yang berdiri sejak 1988 itu kerap dikunjungi mendiang Presiden Soeharto untuk bersantap siang. Menu makanan yang disajikan unik dan menggungah selera yakni lenteng gapit, sekilas bentuknya seperti burger atau sandwiches yang biasa dimakan orang Barat.

Bedanya, lenteng gapit bukan roti melainkan kerupuk gendar atau beras yang mengapit di dalamnya ada pecel madiun. Harganya pun sangat terjangkau hanya Rp 8.000. Dengan kuah khasnya, pengunjung bisa menikmati rasa pecelnya yang menggoda. Tempat ini juga menyajikan garang asem, yakni makanan mirip pepes tapi berisi kuah asem yang menyegarkan.

"Namanya juga garang asem, pasti rasanya ada asem-asem gitu," imbuh Juanita.

Saat malam hari, daerah terowongan TMII juga menjadi tempat wisata kuliner. Bagi anda penyuka Bebek goreng juga bisa menikmatinya disana. (Adi/Ary)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya