Kasih Pembekalan Calon Perwira, SBY: Jangan Cengeng

SBY juga menegaskan kepada para perwira militer dan kepolisian Indonesia agar memiliki mental yang tangguh dalam menjalankan tugasnya.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 02 Jul 2013, 00:50 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2013, 00:50 WIB
sby-pembekalan130701d.jpg
Presiden SBY menegaskan kepada para perwira militer dan kepolisian Indonesia agar memiliki mental yang tangguh dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat berhasil di bidangnya masing-masing. Selain itu, SBY juga mengingatkan agar para calon perwira nantinya tidak cepat puas dengan ilmu yang sudah didapat.

"Bermental tangguh, jangan cengeng dan jangan mudah menyerah atau takut kalah. Bangun dan kembangkan kemampuan. Ada istilah knowledge is power, ilmu adalah kekuatan," kata SBY saat memberikan pembekalan pada para calon perwira remaja akademi TNI dan akademi kepolisian di Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya, Senin (1/7/2013) malam.

"Jangan karena sudah lulus dari akademi, lantas merasa sudah kuasai. ini hanya awal. Masih panjang perjalanan kalian, masih banyak wawasan ilmu dan keterampilan yang harus dikuasai," sambung SBY.

Masih dalam kesempatan yang sama, SBY juga memberikan pedoman yang sekaligus menjadi pondasi dalam menjalankan tugas yang akan diemban para calon perwira. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa kemampuan untuk terus mengasah kemampuan dan tidak memilah jabatan yang akan dijalankan juga harus dimiliki. Sehingga setiap perwira tidak segan dalam menjalankan tugas dan menunaikannya dengan baik.

"Jangan pilih-pilih tugas dan jabatan. Ini adalah sesuatu yang melekat pada pribadi kalian. Camkan, pedomani dan jalankan. Saya yakin kalau ini dijalankan maka tidak perlu gentar dan takut untuk menghadapi tantangan dan arungi perjalanan karir," tutur SBY.

Dalam acara pembekalan tersebut, 735 taruna masing-masing 238 taruna akademi militer dan 105 taruna akademi angkatan laut hadir. Selain itu ada juga 108 taruna akademi angkatan udara, 236 taruna akademi kepolisian dan 48 taruni akademi kepolisian.

Sebanyak 735 taruna itu rencananya akan dilantik menjadi perwira remaja pada Selasa 2 Juli pagi oleh SBY. (Ant/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya