PT KAI Bongkar Kios di Stasiun Gondangdia, Pedagang Tak Melawan

Penertiban dilakukan untuk merenovasi stasiun dalam rangka revitalisasi stasiun yang akan terintegrasi ke bandara Soekarno-Hatta.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 03 Jul 2013, 09:45 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2013, 09:45 WIB
bongkar-kios-stasiun130703b.jpg
PT KAI akhirnya menertibkan kios-kios pedagang di Stasiun Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2013). Penertiban tanpa perlawan dari pedagang ini dilakukan untuk revitalisasi stasiun yang akan terintegrasi ke bandara Soekarno-Hatta.

Petugas PT KAI mulai melakukan penertiban sejak pukul 08.30 WIB. Sesampainya di stasiun, petugas mulai membongkar satu per satu kios yang ada di stasiun.

"Pada penertiban kali ini dilakukan sekitar 600 petugas gabungan dari PT KAI, Kepolisian, Brimob, Marinir, serta Satpol PP," kata Humas PT KAI Daops I, Sukendar saat ditemui di Stasiun Gondangdia.

Sukendar juga mengungkapkan, ada 77 kios dan 78 lapak pedagang yang akan ditertibkan langsung hari ini. Diperkirakan jelang siang, penertiban sudah selesai.

"Semua akan kita tertibkan hari ini. Kami perkirakan selesai sebelum zuhur," sambungnya.

Penertiban ini, jelas Sukendar, terkait rencana revitalisasi stasiun yang masuk dalam skema stasiun terintegrasi dengan bandara Soekarno-Hatta.

"Kami akan lakukan revitalisasi dan renovasi terkait rencana stasiun terintegrasi dengan bandara," tandas Sukendar.

Pantauan Liputan6.com hingga pukul 09.30 WIB, petugas masih melakukan penertiban. Satu per satu kios dibongkar dan dirubuhkan. Sementara, sebagian besar pedagang sudah mengeluarkan barang dagangannya ke tepi dan luar stasiun.

Sebelumnya, para PKL itu juga sempat melakukan demo pada Senin 1 Juli untuk menolak penggusuran. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya