Jokowi Ingin Warga Naik Metromini, MRT, Monorel Pakai e-Ticketing

Namun, Jokowi tak akan menunggu lama hingga warga siap menggunakan e-ticketing.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 12 Jul 2013, 15:32 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2013, 15:32 WIB
metromini-tarif-130618b.jpg
Masih banyak warga yang belum memahami penggunaan e-ticketing atau tiket elektronik sebagai alat pembayaran bus Transjakarta maupun kereta commuterline. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyadari hal ini. Namun apapun alasannya, warga Jakarta wajib akrab dengan e-ticketing.

Nantinya, penggunaan e-ticketing ini tak cuma terbatas pada 2 moda transportasi saja. Jokowi berencana untuk mengintegrasikan seluruh jenis kendaraan yang melintasi Jakarta, seperti monorel dan mass rapid transit (MRT) dalam satu sistem pembayaran yakni e-ticketing.

"Nanti Kopaja dan Metromini juga akan terintegrasi," kata Jokowi di Balaikota, Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Jangankan penumpang commuterline, mantan Walikota Solo ini mengakui, penggunaan e-ticketing pada Transjakarta saja masih belum berjalan maksimal. Padahal sistem ini telah digulirkan sejak 6 bulan lalu. Untuk itu, Jokowi meminta kepada pihak operator meningkatkan promosi dan kampanye penggunaan e-ticketing agar warga tahu praktisnya sistem pembayaran ini.

"Ini memang perlu waktu. Kan baru 6 bulan. Jadi harus terus dipromosikan," tuturnya.

Namun, Jokowi tak akan menunggu lama hingga warga siap menggunakan e-ticketing. "Kalau sudah 2 atau 3 tahun ada pemaksaan. Yang nggak punya, ya nggak bisa naik," pungkas Jokowi. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya