Akil Transfer Uang ke Artis Dangdut, PPATK: Kami Juga Kaget

PPATK mengaku kaget saat ternyata nama yang bersangkutan adalah artis dangdut Ibukota. Lantaran nama di KTP dan lapangan berbeda.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 05 Nov 2013, 18:56 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2013, 18:56 WIB
tampar-akil-131004b.jpg
Beredar informasi mantan Ketua MK Akil Mochtar mengirimkan sejumlah uang ke banyak artis dangdut Ibukota. Nilainya pun tak tanggung-tanggung, yaitu mencapai Rp 900 juta.

Terkait informasi tersebut, Wakil Ketua PPATK Agus Santoso enggan membeberkan hasil temuannya. Namun, pihaknya juga mengaku kaget saat ternyata nama yang bersangkutan adalah salah satu artis dangdut.

"Di PPATK agak kesulitan untuk melihat nama artis, di KTP dan nama lapangan kan beda. Karena punya nama panggung yang berbeda dan kami sendiri juga suka surprise," kata Agus Santoso di TMII, Jakarta Timur, Selasa (5/11/2013).

Selanjutnya, pihak yang dapat melansir dan menginformasikan ke publik adalah KPK. Namun tidak semua aliran dana dari Akil ke sejumlah artis dangdut itu menggunakan nama yang bersangkutan.

"Bisa jadi kan nggak langsung. Bisa itu nama manajemennya. Bisa jadi saudara atau siapa dan itulah kami bisa lihat ada identik dengan yang bersangkutan," jelas Agus.

Sejumlah artis dangdut disinyalir telah menerima aliran dana dari Akil Mochtar. Mereka dianataranya Rya Fitria. Dana tersebut disebut-sebut sebagai honor menyanyi termasuk saat kampanye Pilgub Kalimantan Barat.

Saat Liputan 6 SCTV mencoba menemuinya di rumah di Jalan Buana Sari, Bandung, Jawa Barat, Rya tidak ada di tempat. Pintu rumahnya terkunci rapat.

Selain Rya, uang juga diduga mengalir pada penyanyi Iis Dahlia dan Evie Tamala. Seperti Rya, uang tersebut diakui sebagai honor menyanyi. Hingga kini, Iis Dahlia dan Evie Tamala belum bisa dikonfirmasi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya