[VIDEO] Pascabentrok, Kondisi di Luwu Tengah Berangsur Pulih

Pascakericuhan akibat unjuk rasa warga yang menuntut pemekaran wilayah Luwu Tengah di Sulawesi Selatan, kondisinya kini berangsur pulih.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Nov 2013, 06:48 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2013, 06:48 WIB
update-luwu-131113a.jpg
Pascakericuhan akibat unjuk rasa warga yang menuntut pemekaran wilayah Luwu Tengah di Sulawesi Selatan, kondisi berangsur pulih. Polisi mulai membersihkan puluhan pohon yang sengaja ditebang menutupi jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (13/11/2013), satu per satu pohon dibersihkan agar dapat dilewati kendaraan. Pohon dan batu itu sebelumnya digunakan pengunjuk rasa sebagai senjata saat terjadi bentrokan dengan polisi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin siang 11 November 2013, kericuhan terjadi dalam unjuk rasa menuntut pemekaran wilayah Luwu Tengah. Unjuk rasa warga dengan menutup jalan sepanjang 10 kilometer dihalau aparat kepolisian. Ketegangan terjadi saat polisi berusaha memukul mundur demonstran.

Kini suasana berangsur pulih dan 1.000 personel disiagakan mencegah bentrok susulan. Sedikitnya 6 orang terduga pemicu bentrok diamankan polisi.

Sedangkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan pemerintah telah moratorium pemekaran wilayah di Indonesia, termasuk belum pernah mengusulkan Luwu Tengah sebagai wilayah yang dimekarkan.

Sejak 2009, dari 19 daerah usulan pemekaran, tinggal 4 daerah lagi yang tengah dalam proses pemekaran dan semuanya berada di Sulawesi Tenggara. Namun, tahun 2013 ini DPR mengajukan 65 daerah lagi untuk dimekarkan. Pemerintah bergeming dan masih mengkaji urgensi pemekaran wilayah meninjau efektivitas pemekaran dilakukan sejalan dengan Pemilu 2014. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya