Jokowi: Makam Pangeran Jayakarta Dibangun Tahun Depan

Makam Pangeran Achmad Djaketra atau yang diyakini sebagai Pangeran Jayakarta yang terletak di Jatinegara Kaum, akan segera direnovasi.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 28 Nov 2013, 15:36 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2013, 15:36 WIB
jokowi-sorban-131014c.jpg
Makam Pangeran Achmad Djaketra atau yang diyakini sebagai Pangeran Jayakarta yang terletak di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, tahun depan akan direnovasi. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai jawaban pertanyaan salah seorang warga yang meminta perbaikan makam tersebut.

"Makam Pangeran Jayakarta mulai tahun depan segera dibangun," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2013).

Sebab, warga menilai makam tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah Jakarta. Walaupun masih menimbulkan keraguan, makam tersebut telah lama diyakini sebagai makam Pangeran Jayakarta yang merupakan sosok historis bagi orang Betawi. Maka itulah perlu diperbaiki dan dipelihara sebagai situs sejarah Ibukota.

"Sehingga makam itu bisa menjadi salah satu situs, karena apapun pangeran Jayakarta merupakan tokoh pendiri Jakarta," ucap Jokowi.

Saat membuka Mubes VI Bamus Betawi pada Maret lalu, mantan walikota Surakarta itu pernah berjanji akan memugar makam tersebut. Bahkan sebelumnya ia berniat nyekar ke makam tokoh yang disebut sebagai cikal bakal Kota Jakarta itu. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya