Bagi Para Ibu, Ini Rahasia Sukses Menjadi Orangtua Tunggal

Tips sukses mendidik anak sebagai orangtua tunggal.

oleh Helena Yupita diperbarui 25 Agu 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2021, 18:00 WIB
Hubungan Ibu dan Anak Perempuan
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua tunggal bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Akan lebih sulit ketika memiliki lebih dari satu anak dan Anda merupakan seorang wanita.

Namun, itu tak dapat dianggap remeh karena sangat banyak ibu yang sukses saat menjadi orangtua tunggal dalam membesarkan anaknya sendirian.

Apapun keadaannya, mereka menjalani hidup dengan tekad untuk membuatnya lebih baik setiap hari. Jika Anda baru saja menjadi ibu tunggal yang mencari inspirasi dan ingin mengetahui beberapa rahasia menjadi hebat dalam pekerjaan, berikut beberapa tipsnya yang dilansir dari laman magforwoman.

1. Tentukan prioritas

Apakah Anda telah sendiri dan menjadi ibu tunggal atau baru saja bercerai, sangat penting untuk menguasai diri sendiri dan menyusun prioritas hidup.

Bagaimana Anda ditempatkan secara finansial? Apa yang perlu dilakukan segera untuk mengamankan masa depan anak-anak? Apa langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadikan Anda sebagai entitas yang terpisah dalam masyarakat sekarang?

Ketika mulai mencari jawaban atas pertanyaan seperti itu, Anda memprioritaskan hal-hal dalam hidup. Dalam proses ini, Anda tidak benar-benar menemukan waktu untuk duduk dan bermalas-malasan tentang masa lalu. Anda justru bergerak maju, dan hidup semakin cepat.

2. Terima kelemahan

Ada beberapa hal yang tidak akan bisa dilakukan seorang diri. Mungkin itu bisa jadi hal-hal yang tidak disadari, namun tidak ada salahnya menerima kelemahan diri dan mencari bantuan.

Bahkan bisa menjadi bantuan profesional yang mungkin Anda perlukan untuk mendapatkan stabilitas mental dan bergerak maju secara bertahap dalam hidup.

Sebaiknya mintalah bantuan dari sumber yang dapat dipercaya, agar tidak tumbang di depan anak-anak dan tetap kuat.

3. Ciptakan hal positif

Jangan menciptakan suasana kepahitan yang tidak perlu di rumah. Anda mungkin telah bercerai dengan suami, tetapi anak-anak mungkin tidak menyadari masalah itu. 

Cobalah selalu menghasilkan hal positif di hadapan anak-anak dan buat mereka mengerti bagaimana beberapa hal dalam hidup mungkin tidak bekerja sesuai yang kita inginkan. Jangan menyalahgunakan atau berbicara buruk tentang mantan suami di depan mereka.

Juga jangan berbicara buruk tentang keadaan saat ini, betapapun buruknya secara finansial atau sebaliknya. Selalu buat anak merasa baik, dan sebelum menyadarinya, prosesnya akan membuat Anda merasa baik pula.


4. Bersikaplah terbuka dengan anak-anak

anak
ilustrasi ibu dan anak/Photo by Kenny Krosky on Unsplash

Ciptakan suasana keterbukaan di rumah di mana setiap orang memiliki suara yang sama. Bersikaplah terbuka tentang perasaan Anda di depan anak-anak, dan beri tahu mereka tentang semua yang Anda lakukan, atau tanyakan tentang perasaan mereka.

Semakin banyak berkomunikasi, semakin baik pemahaman di antara ibu dan anak. Suatu saat mereka akan tahu mengapa mereka memiliki orang tua tunggal dan akan lebih menghargai kehadiran orang tua dalam hidup mereka, daripada mengoceh tentang mengapa mereka tidak memiliki ayah.

5. Beri waktu untuk diri sendiri

Penting bagi para ibu tunggal untuk meluangkan waktu sendirian, jauh dari semua kegilaan yang mengisi hidup Anda. Untuk kedamaian mental pribadi, sangat penting bagi Anda untuk menikmati relaksasi dan rekreasi.

Itu akan memberi ruang bernapas untuk tumbuh dan berkembang sebagai pribadi. Anda menjalani kehidupan yang sulit dan menantang. Tidak masalah untuk memanjakan diri sesekali dan tidak memikirkan orang lain untuk beberapa saat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya