Melihat Pembuatan Permainan Tradisional hingga Makanan Khas Banyumas Lewat Si Bolang

Si Bolang merupakan salah satu program yang dikenal sejak lama sebagai program edukasi anak dengan menampilkan berbagai kegiatan di alam yang bisa anak-anak lakukan.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Okt 2021, 17:00 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2021, 17:00 WIB
Si Bolang Trans7
Tonton Si Bolang Trans7 di Vidio (Sumber: Website Trans7)

Liputan6.com, Jakarta Program Si Bolang yang tayang di Trans7 mungkin sudah akrab di telinga kita semua. Program edukasi anak ini menyajikan berbagai kegiatan alam yang bisa dilakukan oleh anak-anak mulai dari bermain, membuat makanan khas daerah, sampai membuat berbagai kerajinan.

Sudah tayang sejak tahun 2006, Si Bolang Trans7 selalu konsisten memberikan berbagai pengetahuan kepada anak tentang alam dan budaya daerah di Indonesia yang dikemas dengan menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Program Si Bolang ini tentu saja dapat memberikan banyak dampak positif kepada anak-anak yang menontonnya. Apalagi saat ini kebanyakan dari anak-anak sekarang lebih sering bermain dengan gawai mereka dibandingkan bermain di luar. 

Pada episode "Gurihnya Bolo-Bolo Banyumas" yang tayang 11 Oktober 2021, pemirsa di rumah akan diajak oleh Si Bolang untuk mengenal berbagai permainan dan diajak untuk berjalan-jalan serta mengenal makanan khas daerah Banyumas.


Membuat Mainan dari Bahan-Bahan yang Ada di Sekitar Kita

Si Bolang Trans7
Permainan Tradisional yang ada di Si Bolang Trans7 (Sumber: Instagram sibolangtrans7)

Di segmen Bolangpedia, pemirsa di rumah akan dikenalkan dengan berbagai permainan yang bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan mudah didapat.

Seperti contohnya mobil-mobilan dari pelepah pisang, perang seru dari bunga tebu, peran palapudu dari jambu dan selongsong bambu, dan masih banyak lagi permainan yang dikenalkan.

Tak hanya menunjukkan permainan tersebut, Si Bolang juga kan mengajarkan bagaimana cara membuatnya. Sehingga dengan menontonnya, pemirsa di rumah dapat mengetahui dan mengikuti cara membuat permainan-permainan itu. 


Proses Pembuatan Tahu Kalisari

Si Bolang Trans7
Pembuatan tahu di Si Bolang Trans7 (Sumber: Instagram sibolangtrans7)

Selain mengenalkan permainan tradisional, Si Bolang juga akan mengajak kita untuk mengetahui proses pembuatan makanan khas daerah. Di episode ini, Si Bolang menunjukkan bagaimana proses pembuatan tahu yang diproduksi di Kalisari, Cilongok, Banyumas.

Tak sendirian, Si Bolang akan ditemani oleh orang dewasa yang ahli dalam membuat tahu Kalisari. Sehingga proses pembuatan tahu ditunjukkan secara nyata mulai dari awal hingga tahu tersebut selesai dibuat. Selanjutnya, kita juga akan diajak untuk membuat bolo-bolo tahu yang menjadi khas daerah tersebut. 

Telah menjadi teman anak-anak di rumah selama lebih dari 15 tahun, Si Bolang Trans7 masih setia mengajak anak-anak di rumah untuk mengenal kegiatan di alam serta kegiatan-kegiatan positif lainnya melalui tayangannya.

Untuk dapat menonton Si Bolang, Anda dapat menyaksikan program ini secara online setiap hari Senin-Jumat pukul 12.30 WIB melalui live streaming Trans 7 di Vidio.

Penulis: Hedi Rizki Amalia

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya