3 Jenis Rempah Ini Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan Lho

Bagi para pecinta kuliner, rempah-rempah sangat dicintai.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Nov 2021, 20:37 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2021, 20:37 WIB
Rempah-rempah
Ilustrasi Rempah-rempah Credit: pexels.com/Mareefe

Liputan6.com, Jakarta Selain menambah cita rasa, rempah-rempah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya mengurangi risiko kanker.

Bagi para pecinta kuliner, rempah-rempah sangat dicintai. Kandungannya pada sebuah masakan dapat menjadikan makanan tersebut lebih lezat sehingga menambah selera konsumen.

Namun pandangan tersebut berbeda jika dibandingkan dengan ahli kesehatan. Menurutnya, rempah-rempah mampu menjaga kesehatan.Karena kaya akan antioksidan, vitamin, serta mineral penting, rempah-rempah bekerja mengelola kadar gula darah. Tidak hanya itu, bahkan rempah-rempah juga bisa melepas stres oksidatif hingga menjaga daluran pencernaan supaya tetap sehat.

Dilansir dari laman Timesnownews, Selasa (16/11/2021), berikut ini jenis rempah yang bermanfaat buat kesehatan.

1. Kayu manis

Kayu manis atau dalchini telah lama dianggap bermanfaat untuk menjaga kesehatan, seperti menjaga jantung, gula darah, peradangan, dan kanker. Bahkan beberapa penelitian lain pun telah menunjukkan mandaat lain dari rempah-rempah satu ini.

Ada salah satu penelitian mengemukakan, ekstrak kayu manis juga dianggap efektif untuk menghambat perbanyakan sel kanker – kanker kepala dan leher – dan juga mengurangi ukuran tumor.

2. Kunyit

Selain kayu manis, kunyit juga termasuk rempah yang bermanfaat buat kesehatan. Para ahli telah lama membahas tentang sifat obat dan anti-inflamasi dari kunyit (haldi) ini. Efeknya dikaitkan dengan kurkumin.

Sebagai informasi, kurkumin ini merupakan senyawa yang dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh, menurunkan risiko kanker, dan juga berdampak positif pada penyakit yang dipicu oleh degenerasi terkait usia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Kesehatan Nasional, 4 gram kurkumin dalam sehari dapat berpengaruh terhadap pengurangan lesi hingga 40 persen. Senyawa yang terdapat dalam rempah satu ini juga dianggap efektif untuk mengurangi laju pertumbuhan sel kanker usus besar di dalam tubuh.

 

 


3. Sage

Sage spice atau rishi masala telah terbukti memiliki dampak positif pada fungsi otak dan memori. Hal itu membuat sage mampu mengontrol penyakit Alzheimer.

Penelitian telah membuktikan bahwa memasukkan ekstrak sage ke dalam makanan selama setidaknya 4 bulan dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan membantu pengelolaan penyakit jantung yang lebih baik juga.

Selain itu, rempah sage ini diketahui memiliki manfaat sebagai berikut untuk kesehatan:

- Mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi

- Mengatasi masalah memori

- Mengobati sakit tenggorokan hingga sariawan

- Mengobati kulit terbakar matahari

- Mengurangi hot flash

- Mengobati kelelahan

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya