Penyebab hingga Jenis Keputihan yang Perlu Diketahui Kaum Wanita

Keputihan adalah cairan yang berasal dari vagina untuk membantu menjaganya tetap bersih dengan menghilangkan sel-sel mati dan bakteri. Sementara itu, keputihan dapat bervariasi dalam beberapa warna dan konsistensi sepanjang bulan.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Jul 2022, 19:58 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 19:56 WIB
Ilustrasi vagina
Ilustrasi vagina. Photo by Timothy Meinberg on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Secara umum, keputihan bisa membantu menjaga sistem reproduksi wanita tetap bersih dan berjalan lancar, tapi akan lebih baik jika tidak mengalami keputihan. Sebab, ada beberapa jenis keputihan yang bisa menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu dan perlu penanganan dokter.

Dilansir dari Forbes, Selasa (19/7/2022), keputihan adalah cairan yang berasal dari vagina untuk membantu menjaganya tetap bersih dengan menghilangkan sel-sel mati dan bakteri. Sementara itu, keputihan dapat bervariasi dalam beberapa warna dan konsistensi sepanjang bulan.

“Itulah mengapa vagina umumnya dianggap sebagai 'oven yang membersihkan diri sendiri,'” jelas ahli urologi bersertifikat, profesor urologi dan OB/GYN di Cedars-Sinai Hospital Karyn Eilber.

“Keputihan adalah hal yang normal, dan konsistensi serta warna dapat berubah dengan perubahan hormonal, yaitu siklus menstruasi dan perimenopause,” lanjutnya.

Keputihan yang khas terdiri dari sel-sel epitel skuamosa vagina (ini melapisi vagina); bahan dari sebaceous, keringat dan kelenjar Bartholin dan sekresi dari serviks, jelas Mary Jacobson, OB-GYN dan kepala penasihat medis untuk Alpha Medical.

Penyebab Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, hal-hal tertentu dapat memengaruhi kapan dan seberapa banyak keputihan yang akan Anda alami.

Jika Anda melihat peningkatan jumlah keputihan, itu mungkin karena beberapa alasan berikut:a. Ovulasi

b. Kemungkinan menstruasi

c. Beraktivitas seksual

d. Berolahraga

Peningkatan debit karena alasan di atas biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan Anda mengalami keputihan lebih banyak dari biasanya, jelas Jacobson. Beberapa di antaranya:

a. Infeksi vagina atau kandung kemih

b. Penyakit radang panggul

c. Polip endometrium

d. Perubahan serviks prakanker

e. Kanker serviks

f. Infeksi menular seksual (IMS)

g. Infeksi ragi

h. Vaginosis bakterial

 

 


Jenis Keputihan

Selain Keputihan, Kenali Gangguan pada Vagina Lainnya: Vaginismus
Permasalahan pada vagina bukan cuma keputihan, kenali Vaginismus

Ada beberapa jenis keputihan yang harus Anda waspadai. Jika Anda khawatir tentang keputihan, perhatikanlah banyak atau sedikitnya keputihan, warna, konsistensi, dan baunya. 

Bening

Keputihan bening adalah jenis keputihan yang paling umum. Menurut Eilber, ini sangat normal. Anda mungkin akan melihatnya secara cukup teratur dan mungkin meningkat selama ovulasi, aktivitas seksual atau kehamilan. Konsistensinya biasanya sangat basah, licin dan cair.

Kental

Keputihan kental berwarna putih yang terjadi secara teratur juga tidak perlu dikhawatirkan, menurut Eilber. Jenis keputihan ini biasanya dikaitkan dengan perubahan hormonal, seperti kehamilan atau siklus menstruasi Anda, lanjutnya.

Kuning

Keputihan berwarna kuning merupakan hal yang perlu diperhatikan. Ini bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius, terutama jika disertai dengan rasa gatal, nyeri pada vagina, nyeri saat berhubungan seksual dan rasa terbakar pada vagina, kata Jacobson.

Hijau

Keputihan berwarna hijau adalah jenis yang jangan Anda abaikan. Jika keputihan berwarna hijau disertai dengan keluarnya cairan yang lebih banyak dari biasanya dan bau amis yang tidak sedap, itu bisa menjadi tanda infeksi, jelas Jacobson.

Perhatikan “Rasa sakit, bengkak, dan gatal di sekitar vagina,” jelasnya. Sebab, ini bisa menjadi tanda trikomoniasis yang merupakan infeksi menular seksual. Keputihan berwarna hijau juga bisa menjadi tanda bakterial vaginosis yang merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh terlalu banyak bakteri tertentu di vagina, catat Eilber.

Merah atau Coklat

Keputihan yang tampak merah atau coklat mungkin tampak mengkhawatirkan, tetapi dalam situasi tertentu itu cukup khas. Keputihan berwarna merah kecoklatan sangat umum terjadi pada hari-hari sebelum atau setelah menstruasi. Namun, jika itu tidak terjadi di sekitar periode menstruasi Anda, itu mungkin perlu dikhawatirkan.

“Keputihan merah biasanya berarti darah baru, jadi kecuali itu darah menstruasi, pemeriksaan akan diperlukan untuk menyelidiki dari mana darah itu berasal,” kata Eilber.

Merah Muda

Keputihan merah muda biasanya menunjukkan sedikit darah. “Seperti halnya keputihan, pada wanita pramenopause atau perimenopause tanpa gejala, kemungkinannya normal,” jelas Eilber. Jika itu terjadi pada waktu lain dalam sebulan, Anda mungkin ingin menghubungi dokter Anda.

Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu disertai bau amis dapat mengindikasikan infeksi dan memerlukan pemeriksaan dari dokter Anda.

Keputihan Chunky Putih

Keputihan yang sangat tebal dan kental dengan bau dan gatal bisa menjadi tanda infeksi jamur, menurut Eilber. Ini membutuhkan perhatian medis dan obat-obatan untuk mengobatinya.

 


Apakah Keputihan Normal?

7 Macam Bau Vagina dan Artinya Bagi Kesehatan Reproduksi Wanita
Macam bau vagina dan artinya untuk kesehatan reproduksi wanita. (pexels/cliffbooth).

Sebagian besar waktu, keputihan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. “Lebih tidak normal jika tidak mengeluarkan cairan,” kata Eilber. “Jika seorang wanita tidak memiliki keputihan, area vaginanya bisa terasa kering dan iritasi—bandingkan dengan saat hidung Anda kering dan terasa sensitif dan teriritasi.”

Perlu Penanganan Dokter

Jika Anda mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya atau jika disertai dengan gejala tertentu, sebaiknya Anda membuat janji dengan dokter, kata Eilber dan Jacobson.

Beberapa gejala tersebut antara lain:

Bau yang kuat

• Nyeri panggul

• Pembakaran

• Pembengkakan vagina

• Gatal atau iritasi

• Nyeri saat berhubungan seksual

• Buang air kecil yang menyakitkan

• Benjolan atau luka

• Keputihan berwarna merah muda atau coklat yang tidak terkait dengan siklus menstruasi Anda

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya