Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Buat Wanita, Ketahui Penyebab Hingga Pencegahan Gatal Pada Vagina

Ada banyak penyebab vagina gatal. Namun, kunci untuk meredakannya yaitu dengan menemukan penyebabnya.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 01 Mei 2023, 09:19 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 09:18 WIB
Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid?
Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid?

Liputan6.com, Jakarta Gatal pada vagina menjadi kejadian umum yang akan dihadapi sebagian besar wanita pada suatu waktu dalam hidup. Lantas, apa penyebab vagina gatal?

Ada banyak penyebab vagina gatal. Namun, kunci untuk meredakannya yaitu dengan menemukan penyebabnya. Salah satu upayanya mungkin termasuk perubahan kebiasaan kebersihan, mencoba produk yang dijual bebas, atau mendapatkan obat resep dari dokter.

Melansir Forbes, Senin (1/5/2023), “vagina gatal” digunakan sebagai istilah umum untuk menggambarkan gatal di area genital wanita. Gatal bisa terletak di vagina, vulva, labia, perineum dan uretra, menurut seorang OBGYN di North Jersey Ginekologi di Oradell, New Jersey Faina Gelman-Nisanov.

Penyebab Vagina Gatal

Meskipun gatal pada vagina sering dikaitkan dengan vaginitis atau peradangan pada vagina, namun bisa juga disebabkan oleh faktor lain, dari infeksi ringan atau reaksi alergi hingga kondisi yang lebih serius. Menurut Gelman-Nisanov dan seorang OBGYN di Siouxland Women's Health Care di Sioux City Kevin Hamburger, ada beberapa penyebab vagina gatal, antara lain sebagai berikut.

a. Reaksi alergi terhadap sabun, barang pembersih, kondom, lateks, air mani atau lebih

b. Infeksi vagina ragi atau bakteri

c. Moluskum (penyakit kulit di mana lesi kecil seperti jerawat muncul di kulit)

d. Infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore, klamidia, herpes atau kutil

e. Kondisi kulit vulva, seperti lichen sclerosus atau atrophicus atau jarang lesi prakanker atau kanker

f. Folikulitis atau iritasi pada vulva yang disebabkan oleh pencukuran

g. Pertumbuhan kembali rambut kemaluan

Gejala Lain

Karena gatal pada vagina dapat disebabkan oleh begitu banyak kondisi atau infeksi yang berbeda, hal itu juga dapat berjalan seiring dengan gejala tidak nyaman lainnya. Menurut Gelman-Nisanov dan Hamburger, beberapa gejala umum dapat meliputi:

a. Pendarahan tidak teratur

b. Keputihan

c. Nyeri saat buang air kecil

d. Bau vagina

e. Ruam atau benjolan pada vulva atau perineum

Sangat penting untuk mengetahui semua gejala yang dialami seseorang untuk menentukan penyebab sebenarnya dari gatal pada vagina, kata seorang OBGYN di Obstetri dan Ginekologi San Jose di Campbell, California Suzanne Bovone Smith. Saat berbicara dengan dokter Anda tentang gatal pada vagina, pastikan untuk mencatat gejala tambahan yang Anda alami.

Diagnosa Gatal Vagina

Jika Anda mengalami gatal-gatal pada vagina, temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Kultur vagina dan/atau biopsi mungkin diperlukan untuk menentukan diagnosis, kata Bovone.

Selain melacak gejala lain, penting untuk mencoba mencatat dengan tepat letak rasa gatal tersebut.

“Saya selalu bertanya apakah gatalnya vulva (eksternal) atau vagina (internal),” kata Bovone. “Terkadang sulit bagi pasien untuk membedakannya, tetapi penting untuk melakukannya sebelum pemeriksaan.”

Selama pemeriksaan, dokter mungkin akan bertanya waktu rasa gatal mulai muncul, perubahan pada produk kebersihan, dan gejala tambahan. “Sampel cairan apa pun dapat diambil dan dilihat di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada infeksi jamur atau infeksi bakteri,” kata Bovone. “Kami juga dapat memeriksa pH keputihan, yang membantu menentukan apa yang sedang terjadi.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengobatan Gatal Vagina

Bolehkah Menggaruk Vagina yang Gatal saat Keputihan?
Bolehkah Menggaruk Vagina yang Gatal saat Keputihan?

Pengobatan gatal pada vagina tergantung pada penyebabnya, kata Gelman-Nisanov.

Dalam beberapa kasus, gatal pada vagina dapat diobati di rumah sebelum memeriksakan diri ke dokter. “Jika rasa gatal di luar vulva, seseorang dapat mengambil cermin dan melihat alat kelamin luar dan melihat apakah ada lesi atau perubahan,” kata Bovone. Jika tidak ada, dia merekomendasikan untuk menghentikan perubahan sabun atau deterjen baru-baru ini untuk melihat apakah itu penyebabnya.

Seorang dokter dapat merekomendasikan beberapa produk yang dijual bebas (OTC). Bovone menyarankan produk antijamur (ragi) OTC. Dia mengatakan, "Banyak yang datang dengan obat intravaginal serta krim untuk digunakan secara eksternal."

Di samping itu, dia juga menyarankan untuk mencoba hidrokortison OTC, yang merupakan steroid potensi rendah, dan hanya menggunakannya secara eksternal.

Setelah diagnosis yang sebenarnya dibuat, pengobatan dapat bervariasi. Menurut Bovone, perawatan dapat meliputi antijamur untuk infeksi jamur, intibiotik untuk infeksi bakteri, perawatan khusus IMS, dan steroid kuat yang digunakan secara eksternal untuk beberapa kondisi kulit vulva.

Jika Anda mengalami gatal-gatal pada vagina, Gelman-Nisanov menyarankan untuk menghindari hal-hal, seperti hubungan seksual vagina, penggunaan tampon, pakaian ketat, berenang di air yang diklorinasi, dan metode penghilangan bulu panggul apa saja.

Cara Mencegah Vagina Gatal

Mencegah gatal pada vagina hampir selalu berkorelasi langsung dengan mencegah penyebab gatal yang sebenarnya. Namun, mengamati pedoman higienis umum dapat membantu dalam hal pencegahan. Menurut Bovine, berikut ini cara mencegah vagina gatal.

a. Menghindari produk pewangi untuk area genital

b. Menghindari douching

c. Menghindari pembalut dan tampon beraroma

d. Menghindari penggunaan panty liner

e. Menempel pakaian dalam berlapis katun dan membatasi pakaian ketat

f. Tidur tanpa celana dalam atau memakai celana dalam tipe boxer yang longgar

g. Menghindari mencukur atau waxing rambut kemaluan sepenuhnya

h. Menghidrasi vulva dengan minyak kelapa secara eksternal

i. Menggunakan pelumas tanpa pewangi/tanpa rasa saat berhubungan seks

Jika Anda sering terkena infeksi jamur, Anda juga dapat mencoba mencegahnya untuk menghindari rasa gatal yang ditimbulkannya.

"Beberapa wanita rentan terhadap infeksi jamur dan menemukan bahwa setiap kali mereka minum antibiotik, mereka terkena infeksi jamur," kata Hamburger. "Jika kedengarannya familier, beri tahu dokter Anda dan mereka akan sering meresepkan obat ragi bersama dengan antibiotik."

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya