Ganja dan Kapas Jadi Material Mobil Masa Depan

Peneliti Jerman yakin, mobil di masa depan bakal menggunakan material baru, termasuk kapas dan ganja.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 13 Jan 2015, 19:02 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2015, 19:02 WIB
Mobil Masa Depan Gunakan Material Berbahan Ganja dan Kapas
Peneliti Jerman yakin, mobil di masa depan bakal menggunakan material baru seperti kapas dan ganja.

Liputan6.com, Berlin - Dewasa ini, produksi mobil masih tergantung pada material baja, alumunium, juga serat karbon. Namun peneliti Jerman yakin, mobil di masa depan bakal menggunakan material baru seperti kapas dan ganja.

Peneliti dari Application Center for Wood Fiber Researh HOFZET, Fraunhofer Institute for Wood Research, Wilhem-Klauditz-Institut WKI, di Braunschweig, Lower Saxony, Jerman, mempelajari kemungkinan penggunaan material baru untuk pembuatan komponen kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Mereka mencoba membuat serat kaca dari bahan alami seperti ganja, rami, kapas, dan kayu. Pemanfaatan material ini diklaim dapat menciptakan komponen serat kaca yang lebih murah.

Keuntungan lainnya, sebagaimana dilansir dari Autoevolution, Senin (12/1/2015), material ini tidak menimbulkan dampak polusi dan tidak meninggalkan residu yang selama ini menjadi masalah pembuatan serat kaca.

"Tergantung pada aplikasi, karena itu kami menggabungkan karbon dengan berbagai serat tekstil ramah lingkungan," tutur Prof. Dr.-Ing. Hans-Josef Endres, Head of Application Center for Wood Fiber Research.

Sejauh ini, lanjut Endres, peneliti hanya menggunakan material yang memiliki tekanan mekanik yang tidak begitu besar. Sehingga, para peneliti bisa memanfaatkan kekuatan dari serat-serat dari bahan yang digunakan.

Lebih kuat 50%

"Hasilnya, komponen lebih murah dan memiliki durabilitas tinggi. Bahkan material lebih ramah lingkungan daripada komponen karbon murni," paparnya. Endres mengklaim, fiber hibrida ini mampu meningkatkan durabilitas dari material hingga 50 persen.

Sementara itu, para peneliti akan memamerkan inovasoinya ini dalam pameran dagang Grune Woche mulai dari 16 - 25 Januari di Berlin. Di sini, mereka akan memperlihatkan komponen fiber yang bisa diaplikasikan pada industri otomotif. (Gst/Des)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya